Berjuta-Juta Nikmatnya Sholat Shubuh

Berjuta-Juta Nikmatnya Sholat Shubuh. Bangun di pagi hari untuk melaksanakan Sholat Shubuh Biasa sangat malas untuk di kerjakan. Hal itu sudah melekat dalam diri manusia saat penciptaannya. Seperti yang terkandung pada QS An-Naba' [78]: - 9

"Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat"


Padahal Rasulullah SAW akan mendoakan umatnya yang bergegas dalam melaksanakan Solat Subuh, seperti yang disebutkan dalam hadist:

“Ya Allah, berkatilah umatku selama mereka suka bangun subuh (yaitu mengerjakannya).” (Hadis riwayat Tarmidzi, Abu Daud, Ahmad dan Ibnu Majah).

Bahkan, Allah berfirman:
  “Dan bersabarlah kamu bersama-sama dengan orang-orang yang menyeru Tuhannya di pagi dan senja hari dengan mengharap keredaan-Nya, dan janganlah kedua matamu berpaling daripada mereka kerana mengharapkan perhiasan duniawi, dan janganlah kamu mengikuti orang yang hatinya sudah Kami lalaikan daripada mengingati Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melampaui batas.” (Surah al-Kahfi, ayat 28)

Dan juga, Keutamaan Solat Subuh adalah akan diberikan ganjaran pahala melebihi keindahan dunia dan seisinya, seperti dalam hadis riwayat Imam at-Termizi:

“Dari Aisyah telah bersabda Rasulullah SAW, dua rakaat solat Fajar pahalanya lebih indah daripada dunia dan seisinya.”

MANFAAT SHOLAT SUBUH UNTUK KESEHATAN

  • Kegiatan bangun pagi untuk melakukan sholat subuh mampu menormalkan kinerja syaraf dan otak, di dukung dengan kondisi pagi hari memiliki kadar ozon (O3) yang cukup tinggi suhingga mampu membantu kinerja syaraf dan otak, serta mengurangi penyumbatan pembuluh darah yang mengakibatkan terjadinya serangan jantung
  • Sholat Subuh juga memiliki manfaat yang mengejutkan yakni berpotensi membawa kita menuju kesuksesan dalam hidup, sebab saat pagi hari sampai datangnya fajar adalah waktu dimana pintu-pintu rezeki dibuka lebar oleh Allah SWT.
  • Oleh sebab demikian, setelah melaksanakan sholat subuh yang memang terkadang kita merasa masih ngantuk dan ingin melanjutkan tidur sejenak, maka usahakanlah sebisa mungkin menahan diri untuk melanjutkan tidur, sebaliknya sangat dianjurkan untuk melanjutkan kegiatan sholat tersebut seperti dengan berdzikir atau berdo'a.


MANFAAT SHOLAT SUBUH UNTUK ROHANI

Sholat Subuh mempunyai banyak keutamaan, di antaranya :
  • Menyelamatkan dari azab
  • Mendapat pahala setara pahala orang yang melaksanakan haji dan umrah
  • Terbebas dari api neraka
  • Terhindar dari kemunafikan
  • Serta mendapat perlindungan dari Allah SWT.

Rasulullah SAW bersabda:
 “ Berpagi-pagilah kalian dalam menunaikan Shalat Subuh karena itulah pahala yang paling mulia. ” (HR. Turmudzi).

Mudah mudahan dengan artikel Berjuta-Juta Nikmatnya Sholat Shubuh Kita tidak lagi malas-malasan untuk mengerjakannya dan kalau ada kurangnya mohon di maafkan. Amin

Related Posts

Posting Komentar