Tips Supaya Puasa Ramadhan Lancar Dan Badan Tidak Lemas

Tidak terasa sebentar lagi bulan Ramadhan datang lagi. Bulan yang selalu di nanti-nanti oleh jutaan umat islam di dunia. Puasa selain menahan haus dan lapas seharian penuh juga bisa menahan nafsu jelek pada setiap orang. Kalau orang akan melakukan perbuatan tidak bagus pasti dia akan segera ingat dan tidak akan melanjutkan apa yang sudah diniatkan semula.

Puasa terasa sungguh berat untuk orang yang tidak tahan akan godaan. Namun di bulan yang mulia nan suci ini saat yang tepat untuk maltih diri mengendalikan semua hawa nafsu. Supaya kita bisa menjalankan puasa satu bulan penuh, badan kita harus tetap sehat dan fit. Untuk menjaga badan tetap segar dan bugar saat berpuasa, cobalah ikuti beberapa tips yang akan saya berikan kali ini.
Supaya puasa ramadhan tetap lancar
  • Hindari minum atau makan makanan yang mengandung santan dan berminyak. Minuman atau minuman yang mengandung santan akan membuat tubuh menjadi lemas. Sebab itu sebisa mungkin jangan makan nasi gurih atau minum kolak saat sahur.
  • Usahakan jangan tidur sehabis sholat subuh. Tidur setelah sholat subuh akan membuat tubuh lemas juga.Sudah pada ngerasain khan saat bangun tidur setelah setelah makan sahur. Memang berat godaan ini, namun kita harus berusaha untuk mencobanya.
  • Banyak minum air putih menjelang imsyak. Air putih mampu menetralisir efek minuman manis. Caranya adalah dengan memperbanyak minum air putih menjelang waktuimsyak tiba.
  • Hindari makanan yang mudah dicerna. Buat kamu yang aktifitasnya tinggi, sebaiknya jangan makan makanan yang mudah di cerna seperti bubur ayam, lontong sayur atau tahu campur. Makanlah makanan berat seperti nasi, kentang, ketela atau jagung. Jangan lupa perbanyak makan buah dan sayur.
  • Sahurlah ketika mendekati waktu imsyak. Mengikuti Sunnah Rasul adalah mengakhirkan waktu sahur. Waktu yang bagus untuk makan sahur adalah 30 menit sebelum waktu imsyak tiba.
  • Tetap lakukan aktifitas. Dengan tetap berolah raga badan tetap berasa fit meskipun kita berpuasa sehari penuh. Dengan melakukan banyak kegiatan ketika berpuasa mampu membuat kita lupa kalau kita sedang berpuasa. Aktifitas yang begitu padat mengakibatkan waktu terasa cepat.
Mudah mudahan tips Puasa Ramadhan lancar ini bisa membantu

Related Posts