Penyakit Batuk dan Cara Penyembuhannya

Penyakit Batuk atau istilah bulenya tussis adalah gejala dari beberapa penyakit. Terkadang batuk disertai influensa (pilek) penyakit tenggorokan, asma, penyakit dada, TBC, dan masih banyak lagi. Kenapa bisa terjadi batuk? Batuk terjadi karena adanya penyumbatan saluran pernafasan bagian bawah oleh penumpukan lendir akibat berbagai penyakit tersebut. Batuk akibat influensa kadang kala disertai bersin-bersin akibat pengumpulan lendir di pernafasan bagian atas. Pada batuk akibat asma sering disertai dengan sesak napas dan suara greek-greek.
Penyakit Batuk dan Cara Penyembuhannya


Cara mengobati penyakit batuk
  1. Ambillah empat buah belimbing wuluh yang sudah tua, 4 helai daun belimbing wuluh serta bunganya yang baru mekar. Bahan tadi dicuci sampai bersih kemudian direbus dengan 4 gelas air sampai mendidih. Apabila air rebusan tadi sudah sampai kira-kira satu gelas, angkat dan dinginkan. Setelah dingin baru diminum. Jangan lupa disaring terlebih dahulu sebelum ramuan ini diminum
  2. Ambil 15 biji cengkih, satu biji pala, 6 buah jeruk nipis, 15 lembar daun sirih serta 3 gelas air putih. Tumbuk cengkih supaya bisa diperas. Jeruk nipis dibelah menjadi 2 bagian. Setelah ramuan tadi siap, masukkan air dan ramuan kedalam panci dan didihkan. Pada waktu pengrebusan sebaiknya panci jangan di tutup supaya penguapan lebih cepat dan sempurna. Apabila air rebusan tinggal setengahnya kemudian angkat dan dinginkan. Untuk pemakaiannya, orang dewasa 3 kali dalam sehari dan sekali minum usahakan 1-3 sendok makan, sedangkan untuk anak-anak 3 kali sehari cukup sampai 2 sendok makan saja. Lebih bagus lagi apabila ramuan ini dicampur dengan madu.
Supaya ramuan ini bisa bekerja dan penyakit batuk anda cepat sembuh, sebaiknya hindari makanan berlemak serta jauhkan diri anda dari debu di sekitar anda.

Related Posts