Manfaat Pisang Ambon untuk kesehatan

Manfaat Pisang Ambon bagi kesehatan– Pisang adalah makanan tradisional yang selalu menghiasi meja makan. Buah pisang selalu menjadi makanan penutup hidangan, karena rasanya yang manis dan menyegarkan, sehingga makanan ini disukai banyak orang. Bahkan di acara pesta seringkali buah pisang digantung ditenda-tenda sebagai buah pencuci mulut bagi yang baru selesai makan.

Manfaat Pisang Ambon bagi kesehatan manusia

Pisang ambon adalah jenis pisang asli Indonesia, dari namanya saja pisang ini sudah kita tahu bahwa ini adalah buah asal Ambon. Kini pisang ambon tidak hanya sebagai makanan rumahan tetapi sudah banyak yang di ekspor keluar negeri. Tanaman pisang banyak dijumpai di pekarangan-pekarangan penduduk atau di kebun kebun. Manfaat pisang ambon tidak hanya sebagai bahan pencuci mulut selesai makan, tetapi juga manfaat pisang ambon bagi kesehatan, sehingga pisang ini dianjurkan untuk dimakan. Berikut beberapa manfaat pisang ambon bagi kesehatan.

Manfaat Pisang Ambon bagi Kesehatan Tubuh

1. Sumber energi
Manfaat pisang sebagai sumber energi sudah lumrah diketahui, itulah sebabnya pisang sangat bagus dimakan ketika telah bekerja atau ketika istirahat dari pekerjaan. Pisang ambon adalah satu penyumbang kalori yang dibutuhkan tubuh dalam melaksanakan metabolisme tubuh. Dalam 100 gram pisang ambon memberikan kalori sebanyak 99kkal. Memang jumlah ini tidak banyak, namun sudah sangat bagus dalam menghilangkan lapar dan memberikan energi bagi tubuh.
2. Menyediakan asam folat
Manfaat pisang ambon bagi kesehatan ibu hamil adalah urgen, karena pisang ini menyediakan banyak asam folat. Sementara asam folat ini merupakan zat penting bagi ibu hamil untuk janinnya. Ibu hamil tidak dapat disangkal membutuhkan asam folat, karena perkembangan otak janin dan tulangbelakangnya sangat membutuhkan asam folat. Maka mengkonsumsi pisang ambon bagi ibu hamil digalakkan untuk mencukupi asam folat dalam tubuh.
Bayi yang kekurangan asam folat juga bisa mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan terutama otak, sumsum tulang belakang, kelumpuhan, resiko keguguran, Maka bagi anda yang sedang hamil sebaiknya jangan melupakan asam folat dan salah satu sumber asam folat adalah pisang.
3. Mengobati kurang darah/anemia
Kurang darah atau anemia adalah salah satu gejala gangguan kesehatan yang ditandai dengan lesu, puocat dll. Kekurangan sel darah merah atau keberadaan sel darah merah dibawah normal bisa mebuat seseorang berbahaya. Maka manfaat pisang ambon bagi kesehatan adalah memberikan tambahan pasokan nutrisi zat besi yang mampu meningkatkan sel darah merah dalam tubuh. Jadi, buah pisang adalah termasuk makanan yang menyumbang zat besi bagi tubuh selain daun singkong dan daun bayam.
4. Mengatasi gangguan lambung
Manfaat pisang ambon bagi kesehatan selanjutnya adalah mengatasi gangguan lambung. Lambung yang tidak enak seperti perih atau ada peradangan bisa di atasi dengan pisang ambon. Bagi yang bermasalah dengan usus atau lambung sebaiknya mengkonsumsi pisang ambion dengan susu yang dibuat dalam bentuk jus. Minum jus pisang ini secara rutin setiap hari, pisang ini bisa menetralkan asam lambung, dan menangkan perut.
5. Mengobati penyakit liver
Ini adalah manfaat pisang ambon bagi kesehatan yang luarbiasa. Penyakit liver adalah penyakit dengan gangguan hati yang apabila tidak dihiraukan bisa membawa pada masalah kronik bahkan mengancam tubuh. Pisang ambon adalah salah satu makanan sehat yang bagus untuk mengatasi masalah liver atau fungsi hati.
Bagi yang sedang mengalami gangguan liver di anjurkan untuk mengkonsumsi buah pisang ambon sebanyak 2 buah sehari dan ditambahkan dengan 1 sendok makan madu. Ini dipercaya bisa meningkatkan nafsu makan dan memberikan stamina bagi penderita liver.
6. Menurunkan resiko diabetes
Pisang ambon dengan rasa manisnya bisa membantu mengontrol gula darah dan mengatasi diabetes. Kadar gula yang ada dalam pisang mudah diserap dan digunakan sebagai energi bagi tubuh.
7. Manfaat pisang menurunkan berat badan
Manfaat pisang ambon untuk menurunkan berat badan diketahui karena banyaknya karbohidrat komplek dalam pisang ambon yang bisa tetap menjaga gula dalam darah. Karbohidrat ini tidak meningkatkan kadar glukosa dalam darah sehingga sehingga aman dikonsumsi. Rasa kenyang akan cepat terasa dan membuat anda tidak lagi doyan dengan nasi atau makanan berat.Inilah beberapa manfaat pisang ambon bagi kesehatan tubuh yang harus diketahui agar kita bisa memanfaatkan pisang ini sebagai makanan sehat keluarga. Tidak hanya rasa manis, namun juga manfaat dan khasiat bagi kesehatan yang ada dalam pisang ini jauh lebih penting untuk menjadikan pisang abon sebagai makanan penutup hidangan.

References

  1. ^ Manfaat Pisang Ambon bagi kesehatan (buahbuahanbermanfaat.blogspot.com

Related Posts