Bunda Wajib Tahu ya!! Kapan Waktu Sarapan yang Tepat untuk Anak?

Ketika belum atau tidak bersekolah, biasanya anak akan bangun lebih siang. Hal ini pun diikuti dengan jadwal sarapan yang semakin siang.

Padahal menurut Ketua umum Pergizi Pangan Indonesia, Prof. DR. Ir. Hardinsyah, waktu sarapan penting untuk diperhatikan. Ia mengatakan waktu sarapan yang ideal adalah sebelum pukul 9 pagi.

“Idealnya sarapan sehat dilakukan sebelum jam 9 pagi. Tidak hanya bertujuan untuk mencegah lapar tetapi juga untuk pemenuhan gizi seimbang yang dibutuhkan anak untuk belajar, bermain,
berkreasi dan berolahraga,” kata Prof. Dr. Ir. Hardinsyah pada acara Sarapan Sehat Sebelum Jam 9 Bersama Energen pada Sabtu (23/7), di Jakarta.

Selain waktu sarapan, Dr. Hardinsyah juga mengingatkan pentingnya kebutuhan gizi dalam menu sarapan. Porsi sarapan yang ideal, menurutnya adalah 25 persen dari kebutuhan asupan makanan sehari.

Sedangkan untuk kriteria menu sarapan yang ideal, harus mengandung gizi makro dan gizi mikro.

“Sarapan ideal harus memenuhi seluruh kebutuhan gizi makro yaitu karbohidrat, protein dan lemak dan air, serta gizi mikro seperti vitamin dan mineral yang mencukupi sekitar seperempat kebutuhan gizi harian anak,” ujarnya.

Source link


Sumber: http://ift.tt/2auQyDT

Related Posts

Posting Komentar