Ibu Baru, Atasi Stress dengan Cara Ini, Yuk!

Hadirnya momongan sangatlah dinantikan dalam sebuah pernikahan. Anak adalah anugerah, sekaligus merupakan tanggung jawab bagi para orang tua.

Selain diliputi kebahagiaan, terkadang ibu baru juga diliputi rasa stres. Bertambahnya aktivitas baru untuk merawat anak, tidak jarang membuat ibu kewalahan.

Stres yang timbul adalah hal yang wajar, karena ibu baru belum memiliki pengalaman merawat anak sebelumnya. Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana mencari solusi untuk mengatasi stres tersebut. Beberapa solusi berikut, seperti dilansir laman Boldsky, mungkin dapat membantu Anda, para ibu baru untuk mengatasi rasa stres yang timbul.

– Pada tahun pertama, hindari membuat rencana yang dapat menghabiskan banyak waktu dan energi, seperti berganti pekerjaan dan berlibur. Karena kedua kegiatan tersebut dapat menambah beban pikiran Anda.

– Setelah anak lahir, buatlah gambaran kasar tentang bagaimana Anda akan membuat jadwal kerja dan aktivitas Anda. Hal ini akan menghemat waktu dan mengurangi tingkat stres.

– Buatlah jadwal kapan anak harus makan, tidur, berganti popok dan lainnya.

– Jika Anda kesulitan merawat anak pada tahun pertamanya, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jasa pembantu rumah tangga yang akan membantu mengurus keperluan rumah dan anak.

– Anda bisa menceritakan berbagai kendala yang dihadapi ketika mengurus anak, dengan pasangan, orang tua, atau bahkan teman Anda. Hindari mencoba mengurus anak sendirian. Bantuan dari pasangan atau anggota keluarga yang lain, dapat membantu Anda mengatasi tekanan yang timbul.

– Luangkan waktu untuk “me time”. Anda bisa berjalan-jalan santai, berolahraga, atau melakukan hal-hal yang dapat membuat Anda rileks.

(yuri/wida)

Source link


Sumber: http://ift.tt/2a9wBx5

Related Posts

Posting Komentar