Eksim-Gejala, Tipe dan Penyebaran Penyakit Kulit Eksim

Penyakit kulit banyak macamnya, ada yang menular, ada pula yang tidak. Kali ini kita akan membahas sedikit tentang penyakit kulit eksim. Ini adalah sebuah kondisi tidak normal pada kulit yang ditandai dengan munculnya rasa gatal. Penampakan paling umum pada kulit eksim adalah perubahan warna menjadi kemerahan, kulit pecah, dan kering. Masalah ini bisa terus berlanjut jika tidak mendapatkan penanganan serius.
Penyakit Kulit Eksim

Penjelasan Tentang Penyakit Kulit Eksim

Gejala penyakit kulit eksim
Ada beberapa gejala umum yang bisa kita kenali. Yang pertama adalah sensasi panas dan dingin di area kulit dimana penyakit tersebut muncul. Ciri umum lainnya adalah rasa gatal yang seringkali timbul pada malam hari. Setelah beberapa lama, kulit juga akan mulai menunjukkan lepuhan-lepuhan dan sisik. Kulit juga menjadi berkerak, bahkan bisa diikuti dengan pembengkakan.
Tipe eksim
Secara garis besar, ada 2 jenis eksim yang perlu anda ketahui, yaitu eksim basah dan kering. Seperti namanya, gejala eksim kering paling mudah dikenali dengan perubahan kulit menjadi kering dan bersisik. Perubahan warna juga kerapkali menyertai dimana kulit akan berubah kemerahan dan bahkan membengkak. Sementara itu, eksim basah punya ciri fisik yang serupa, namun kulit cenderung basah dan ada bintil-bintil kecil yang terisi oleh air. Eksim basah juga memicu rasa gatal.
Penyebaran eksim
Hal penting lain yang perlu anda ketahui terkait penyakit kulit eksim adalah pola penyebarannya. Eksim seringkali muncul di area lipatan, seperti sela-sela jari kaki dan tangan. Di bagian lain seperti sela paha dan leher juga penyakit ini sering muncul. Meski bisa diobati, jenis penyakit ini bersifat kambuhan. Artinya jika sudah sembuh, bukan berarti anda tidak akan mengalaminya kembali di masa mendatang.
Sebaiknya berkonsultasi langsung dengan dokter untuk mengetahui pantangan agar penyakit ini tidak datang lagi. Jika anda mengalami rasa gatal pada kulit disertai dengan munculnya tanda-tanda seperti di atas, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan perawatan. Jangan sampai masalah ini berlarut-larut dan menjangkit orang lain di sekitar anda. Asalkan segera mendapatkan perawatan, proses penyembuhan bisa dilakukan dalam waktu relatif singkat.

Sumber: http://ift.tt/2aSYycu