Ketahui Ciri-ciri Kulit Sensitif Pada Wajah

Punya kulit sensitif memang tidak menyenangkan sebab kita menjadi merasa mudah terganggu karena jenis kulit ini mudah mengalami iritasi. Ada berbagai faktor penyebabnya, baik yang berasal dari dalam maupun luar tubuh. Ada orang yang mudah bereaksi kulitnya terhadap suhu dingin, ada pula yang sangat peka terhadap sentuhan.

  Ciri Ciri Kulit Sensitif yang Sering Terjadi Pada Wajah  

Ciri-ciri Kulit Sensitif
Kondisi hipersensitivitas pada kulit bukan kondisi yang jarang terjadi. Siapa saja bisa mengalami masalah ini dengan penyebab yang beragam. Biasanya kondisi ini tidak berdampak pada kesehatan, namun ada pula beberapa kasus dimana hipersensitivitas kulit bisa mengancam jiwa seseorang. Jika anda mengalami masalah ini, maka solusi terbaik adalah datang ke dokter untuk melakukan pemeriksaan agar diketahui apa penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri kulit sensitif:
Gatal-gatal
Jika kulit mudah gatal, bisa jadi anda memiliki kulit yang sensitif. Seperti dijelaskan di awal, kulit sensitif bisa dipengaruhi oleh faktor eksternal, misalnya saja menyentuh tanaman yang memiliki racun. Ada beberapa spesies tanaman yang memiliki kemampuan ini. Tanaman memerlukan itu sebagai bentuk pertahanan diri, namun jika racunnya menempel pada kulit terutama kulit sensitif, ini bisa menimbulkan reaksi instan, misalnya rasa gatal dan kemerahan. Beberapa ulat juga bisa menyebabkan hal serupa. Contoh paling mudah adalah ulat bulu. Mungkin anda sudah pernah merasakan sendiri bagaimana sensasi gatal dan perih yang ditimbulkan akibat menyentuh ulat bulu. Gigitan serangga juga bisa menimbulkan efek serupa.
Kulit mudah memerah
Kulit yang mudah memerah bisa menjadi pertanda anda memiliki kulit sensitif. Misalnya jika anda memakai kosmetik kemudian muncul bercak kemerahan di wajah. Padahal saat produk tersebut dicoba oleh teman anda, tidak menimbulkan reaksi apa-apa. Jika setelah mencoba beberapa masih didapatkan hasil serupa, mungkin ini menjadi pertanda bahwa anda memiliki kulit sensitif.
Reaksi terbakar
Mereka yang punya kulit sensitif juga sering mengalami sensasi terbakar untuk penyebab-penyebab yang sebenarnya tergolong ringan. Sensasi terbakar tersebut bisa dipicu oleh beragam produk, seperti sabun, detergen, pembersih muka, parfum, dan yang lainnya. Parfum termasuk salah satu penyebab paling umum sebab di dalamnya sering dicampurkan bahan yang bisa bereaksi keras pada kulit.

Itu tadi ciri-ciri kulit sensitif. Semoga dengan informasi diatas sahabat blog dokter dapat mengetahui jenis kulit sensitif dan segera mengambil langkah untuk kesehatan kulit anda.


Sumber: http://ift.tt/2b2HwZZ

Related Posts

Posting Komentar