Kiat Sukses Memasak Menggunakan Slow Cooker


Memasak menggunakan slow cooker terdengar mudah. Namun, ketika mencobanya, bisa jadi Anda akan kebingungan meskipun telah membaca buku petunjuk yang disediakan.
Untuk itu, sebelum menggunakan slow cooker, simaklah beberapa informasi berikut, seperti dilansir laman The Huffington Post:
  • Setiap kali Anda membuka tutup slow cooker untuk mengaduk makanan, suhu di dalam slow cooker turun 10-15 derajat celcius, sehingga waktu memasak bertambah 30 menit. Jadi, sebaiknya tunggulah minimal hingga 1 jam sebelum makanan matang untuk membuka tutup slow cooker. Misalnya, makanan Anda akan matang dalam 6 jam, untuk itu aduklah makanan tersebut setelah dimasak selama 5 jam karena pada waktu tersebut proses memasak hampir selesai dan rasa makanan telah meresap dengan baik.
  • Ketika akan memasak makanan yang porsinya lebih sedikit, jangan lupa untuk menyesuaikan waktu memasak dengan porsi tersebut. Karena makanan tentunya akan lebih cepat matang, jika dimasak dalam porsi yang lebih sedikit.
  • Jika Anda hanya memiliki waktu yang singkat untuk menyiapkan makan malam, Anda bisa langsung memasukkan daging dan bahan mentah lainnya dan memasaknya menggunakan slow cooker. Namun, jika Anda memiliki waktu yang lebih banyak dan hidangan tersebut untuk acara jamuan, sebaiknya Anda menumis daging tersebut hingga berwarna kecokelatan dan baru memasaknya menggunakan slow cooker karena setelah ditumis, rasa daging lebih meresap dan daging terasa lebih garing ketika dimakan.
  • Masukkan bahan makanan yang lebih keras terlebih dahulu ke dalam slow clooker, seperti kentang dan daging, supaya bahan tersebut lebih dekat dengan bagian pemanas slow cooker, sehingga makanan tersebut dapat matang tepat waktu. Setelahnya, masukkan bahan makanan yang lebih empuk, seperti brokoli dan asparagus. Terakhir, tuanglah kaldu atau air di atasnya.
  • Tidak semua makanan dapat dimasak dengan slow cooker, salah satunya adalah telur rebus. Namun, pada umumnya makanan yang dapat dimasak dengan oven, dapat dimasak pula menggunakan slow cooker.
(yuri/wida)
Source link

Sumber: http://ift.tt/2b8upJN

Related Posts