Wah, Ternyata Ada Hubungan Erat Antara Lapar dan Bau Mulut

Timbulnya bau mulut tidak semata-mata disebabkan oleh makanan yang kita konsumsi. Kesehatan mulut dan kondisi tubuh kita bisa pula menyebabkan munculnya bau mulut.

Seperti dilansir laman Prevention, Anda yang sedang mengonsumsi obat tekanan darah tinggi, antidepresan, antihistamines, dapat memiliki efek samping mulut yang kering. Hal inilah yang menyebabkan terjadinya bau mulut. Untuk mencegahnya, minumlah air yang banyak atau Anda bisa mengunyah permen karet yang mengandung xylitol yang akan membantu memberikan kelembapan pada mulut.

Reaksi alami tubuh, seperti rasa lapar juga dapat menimbulkan bau mulut. Makanlah tepat pada waktunya, agar kadar saliva yang terdapat pada mulut seimbang sehingga dapat memberantas bakteri dan sel yang menyebabkan bau mulut.

Selain itu, kebiasaan menyikat gigi dan flossing yang salah menyebabkan sisa-sisa makanan masih tertinggal di dalam mulut. Cara menyikat gigi yang benar adalah dengan memegang sikat gigi secara horizontal dan naik atau turunkan sikat gigi dengan kemiringan sudut 45 derajat. Lakukan dengan jarak yang pendek dan selama 2 menit setiap kali Anda menyikat gigi. Setelah itu, jangan lupa untuk melakukan flossing secara rutin.

Kebersihan lidah juga patut diperhatikan untuk mencegah bau mulut. Kebanyakan orang hanya fokus membersihkan mulut dan gigi dan lupa membersihkan lidah mereka. Cukup gunakan tongue scraper (alat pembersih lidah) setelah Anda selesai menyikat gigi.

Terakhir, permasalahan seperti adanya lubang pada gigi dan infeksi mulut juga dapat menyebabkan timbulnya bau mulut. Oleh sebab itu, segeralah berkonsultasi kepada dokter untuk mengatasi permasalahan ini.

(yuri/wida)

Source link


Sumber: http://ift.tt/2aw3rOe

Related Posts

Posting Komentar