Yuk, Ketahui Berbagai Penyebab Anak Masih Mengompol

Kebiasaan mengompol anak terkadang membuat resah para orang tua. Pasalnya, berdasarkan penelitian, sekitar 5% anak-anak masih mengompol ketika menginjak usia 9 tahun.

Menurut dokter anak, Dr. Chinnaiah Yemula, kebiasaan mengompol anak dianggap normal jika anak masih berusia 5 tahun. Namun, jika anak masih mengompol ketika berusia di atas 5 tahun, sebaiknya para orang tua lebih waspada.

Karena biasanya kehidupan sosial anak berubah mulai dari usia 6 atau 7 tahun. Sebabnya, menurut Dr. Chinnaiah, anak biasanya diundang untuk menginap di rumah temannya atau bermalam ketika liburan, pada usia tersebut.

Kebiasaan mengompol anak bisa disebabkan oleh sembelit. Karena ketika sembelit, usus besar yang penuh bergerak menekan kandung kemih. Untuk mengetahui apakah anak mengalami sembelit, Anda bisa mengawasi intensitas buang air besar anak. Intensitas buang air besar yang normal berkisar antara tiga kali dalam sehari sampai empat kali dalam seminggu.

Cara lain mengurangi kebiasaan mengompol anak adalah tidak mengonsumsi air satu jam sebelum tidur dan hindari konsumsi jus jeruk dan minuman manis seperti sirup dan soda.

Kebiasaan mengompol tersebut, seperti dilansir laman Mirror, kemunkinan dapat kembali muncul jika anak pindah sekolah atau  mengalami permasalahan lainnya seperti bullying, atau adanya masalah dalam keluarga.

(yuri/wida)

Source link


Sumber: http://ift.tt/2btI6DS