Salah Satu Penyebab Gangguan Kesuburan Wanita yang Jarang Diketahui

Salah Satu Penyebab Gangguan Kesuburan Wanita yang Jarang Diketahui - Hallo sahabat Informasi Terbaru, Pada sharing Info Terbaru kali ini yang berjudul Salah Satu Penyebab Gangguan Kesuburan Wanita yang Jarang Diketahui, saya telah menyiapkan informasi tekini di sekitar anda. Mudah-mudahan isi postingan Infoterbaru yang saya tulis ini menambah wawasan anda. okelah, cekidot informasi terbaru dari kami.

Judul Post : Salah Satu Penyebab Gangguan Kesuburan Wanita yang Jarang Diketahui

lihat juga


Salah Satu Penyebab Gangguan Kesuburan Wanita yang Jarang Diketahui

Perempuan membutuhkan hormon androgen atau yang biasa disebut hormon laki-laki untuk pertumbuhan sel telur dan pertumbuhan rambut pada tubuh. Namun, jika hormon androgen tersebut berlebih (hiperandrogen), maka akan menimbulkan berbagai masalah, mulai dari timbulnya jerawat hingga memengaruhi tingkat kesuburan perempuan.

Menurut dokter spesialis obstetri dan ginekologi, Budi Wiweko, sekitar 10% perempuan berusia 15-35 tahun yang hiperandrogen mengalami gangguan haid dan gangguan kesuburan.

"Hormon androgen dibutuhkan perempuan, tapi enggak boleh banyak-banyak. Makanya 99% hormon androgen diikat protein dan hanya 1% yang dibutuhkan serta bebas (tidak diikat protein)," ujarnya dalam diskusi media: kenali jerawat hiperandrogen dan dampaknya bagi perempuan, pada Rabu (31/8), di Jakarta.

Pertumbuhan rambut yang berlebih pada area payudara, kemaluan, lengan, paha depan, dan beberapa area lainnya serta rambut yang mengalami kebotakan atau rontok, menjadi permasalahan lain yang timbul akibat hiperandorgen pada perempuan.

Penyebab dari meningkatnya kadar androgen pada perempuan, jelas dr. Budi adalah faktor kegemukan, sindrom ovarium polikistik (SOPK) dan rasio lingkar pinggang dan pinggul yang lebih dari 0,72.

"Kegemukan pada perempuan bisa meningkatkan androgen karena kegemukan bisa mengganggu kerja hormon insulin. Namun, pertambahan berat badan pada ibu hamil, tidak akan meningkatkan hormon androgen, justru ketika hamil, protein pengikat androgen meningkat. Sedangkan untuk SOPK, sekitar 5-10% wanita dalam usia reproduktif, memiliki keluhan utama haid tidak teratur dan susah hamil," tuturnya.

Untuk mengatasi hiperandrogen, bisa dengan mengonsumsi pil kontrasepsi yang mengandung siproteron asetat. Karena siproteron asetat bisa menghambat pembentukan hormon androgen aktif dan meningkatkan produksi protein pengikat hormon androgen.

Terakhir, untuk gejala awal, dr. Budi mengingatkan timbulnya jerawat yang disertai haid yang tidak teratur, kemungkinan penyebabnya adalah hiperandrogen.

"Kalau perempuan berusia 15-16 tahun mengalami siklus haid yang tidak teratur dan timbul jerawat, bisa jadi penyebabnya adalah hiperandrogen," pungkasnya.

(yuri/wida)

Source link


Sumber: http://ift.tt/2chPzGC


Demikianlah Artikel Salah Satu Penyebab Gangguan Kesuburan Wanita yang Jarang Diketahui

Sekian Informasi Terbaru dari kami Salah Satu Penyebab Gangguan Kesuburan Wanita yang Jarang Diketahui, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan informasi terbaru kali ini.

Anda baru saja membaca artikel Salah Satu Penyebab Gangguan Kesuburan Wanita yang Jarang Diketahui dengan url permalinknya adalah http://dikut.blogspot.com/2016/09/salah-satu-penyebab-gangguan-kesuburan.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.