Supaya Jerawat Tidak Meninggalkan Bekas Luka

Supaya Jerawat Tidak Meninggalkan Bekas Luka

Ketakutan utama wanita yang berjerawat adalah timbulnya bekas jerawat di wajah. Bekas inilah menurut dokter spesialis kulit dan kelamin, Suksmagita Pratidina, menjadi momok bagi para wanita.

"Jerawat tidak menjadi momok, bekas lukanya itu yang jadi momok. Maka agar jerawat yang meradang tidak meninggalkan bekas, kita perlu mengejar agar jerawat tidak sampai meninggalkan bekas luka," ujarnya dalam diskusi media: Kenali Jerawat Hiperandrogen dan Dampaknya Bagi Perempuan, pada Rabu (31/8), di Jakarta.

Menurutnya, yang sulit adalah menghilangkan bekas luka jerawat, dibanding menangangi jerawat itu sendiri. Timbulnya bekas luka, tambahnya, tergantung kondisi kolagen di dalam kulit.

"Bekas luka itu terjadi tergantung dari derajat keparahan akibat kolagen yang rusak. Yang bisa dilakukan adalah menstimulasinya agar kolagen tidak rusak permanen, atau mempercepat masa perbaikannya," jelasnya.

Agar tidak timbul peradangan, Suksmagita mengingatkan agar tidak menggaruk jerawat. "Keringat itu mengandung garam, ketika berkeringat, muncul rasa gatal, lalu digaruk, akibatnya akan timbul radang di kemudian hari," jelasnya.

(yuri/wida)

Source link


Sumber: http://ift.tt/2caFmtC