Ini Sebabnya Makan Lambat-lambat Lebih Sehat Ketimbang Makan Cepat-cepat

Muncul kepercayaan bahwa makanan harus dikunyah sebanyak 32 kali supaya mudah diserap. Meskipun tidak diketahui secara pasti berapa kali jumlah minimal mengunyah makanan yang baik, namun semakin lama makanan dikunyah, maka semakin mudah makanan diserap oleh tubuh.

Selain mempercepat penyerapan makanan, beberapa manfaat berikut juga bisa diperoleh jika Anda mengunyah makanan dengan baik:

– Jumlah makanan yang dikonsumsi akan lebih sedikit. Ketika Anda mengunyah lebih lama, otak akan menyadari jumlah makanan yang Anda konsumsi. Sebaliknya, jika Anda mengunyah dengan cepat, otak tidak memiliki waktu yang cukup untuk menyadari berapa jumlah makanan yang dikonsumsi, akibatnya Anda akan cenderung makan lebih banyak. Anda yang ingin menjaga berat badan atau menurunkan bobot tubuh bisa mengunyah makanan dengan lebih lama, karena kebiasaan ini dipercaya bisa membantu mengurangi bobot tubuh.

– Memberikan waktu bagi perut untuk menyiapkan sistem pencernaan. Sistem dalam perut akan mulai bekerja ketika mulut Anda mulai mengunyah. Oleh karenanya, mengunyah lebih lama, membuat sistem dalam perut lebih siap mencerna makanan, seperti dikutip dari laman Boldsky.

– Mempercepat penyerapan makanan. Sistem pencernaan dimulai dari mulut Anda. Ketika mengunyah, air liur dan gigi Anda memecah makanan hingga berbentuk partikel yang mudah dicerna.

– Mengunyah makanan dengan baik akan membuat Anda lebih menikmati rasa makanan yang dikonsumsi.

– Selain memberikan waktu yang cukup untuk sistem pencernaan pada perut, mengunyah makanan dengan baik juga bisa memberikan waktu bagi tubuh untuk melepaskan hormon seperti leptin dan ghrelin yang berfungsi dalam proses mencerna makanan.

(yuri/wida)

Source link


Sumber: http://ift.tt/2e4cYbF