5 Kebiasaan Yang Dapat Merusak Kesehatan Telinga

Bisa dibilang telinga merupakan bagian telinga yang perawatannya mudah. Anda cukup membersihkan bagian luarnya saja (daun telinga), itupun jika terdapat kotoran yang menumpuk.

Untuk bagian dalamnya, Anda tidak perlu membersihkannya dengan cotton bud. Karena cotton bud bisa menyebabkan luka pada telinga atau mendorong kotoran bertambah masuk ke dalam telinga, yang akhirnya bisa memicu timbulnya rasa sakit.

Selain membersihkan telinga dengan cotton bud, beberapa kebiasaan berikut yang diungkap Prevention juga bisa berdampak buruk bagi telinga:

Penggunaan earphone atau headphone

Menggunakan earphone atau headphone dengan volume yang keras bisa mengurangi kemampuan mendengar Anda. Jika, suara earphone atau headphone Anda bisa didengar orang lain, hal ini menandakan Anda mendengar dengan volume yang terlalu kencang.

Memasukkan jari ke dalam telinga

Jari tangan mengandung bakteri dalam jumlah yang banyak. Ketika Anda memasukkan jari tersebut ke dalam telinga maka bakteri tersebut ikut masuk ke dalamnya. Kebiasaan ini bisa meningkatkan risiko infeksi pada telinga, terutama ketika Anda mengidap diabetes. Karena, ketika mengidap diabetes, kandungan yang diproduksi tubuh untuk mencegah infeksi tidak sampai ke dalam telinga dengan efektif.

Menindik telinga sendiri

Gunakan jasa para profesional untuk menindik telinga Anda. Karena menindiknya sendiri bisa membuat telinga mengalami infeksi.

Tidak berkonsultasi ke dokter

Segeralah berkonsultasi ke dokter apabila timbul rasa sakit pada telinga atau kualitas pendengaran Anda berkurang, terutama jika kualitas pendengaran Anda semakin menurun. Untuk rasa sakit yang timbul pada telinga, hal tersebut belum tentu menandakan adanya masalah pada telinga. Bisa jadi rasa sakit tersebut timbul karena adanya masalah pada rahang, gigi atau tenggorokan Anda karena ketiga bagian tubuh tersebut memiliki saraf yang sama dengan telinga.

Meletakkan barang di telinga

Sama halnya dengan penggunaan cotton bud, meletakkan barang seperti tutup pulpen atau alat tulis lainnya bisa menimbulkan luka pada telinga.

(yuri/wida)

Source link


Sumber: http://ift.tt/2g3wbyK