Bunda Harap Tau!! Jangan Anggap Sepele Si Kecil Sariawan

Sariawan seringkali muncul tiba-tiba. Kecil, tapi sungguh sangat mengganggu. Mengobatinya bisa menjadi pilihan. Namun, seperti pepatah bilang, lebih baik mencegah daripada mengobati.

Agar sariawan tidak muncul, berikut beberapa hal yang harus menjadi kebiasaan di keseharian Anda. Yuk simak!

– Jaga kebersihan mulut

lakukan sikat gigi minimal dua kali sehari. Pagi setelah makan dan malam menjelang tidur. Atau lakukan lebih dari itu jika dirasa perlu. Perhatikan kondisi gigi dan gusi Anda. Apakah termasuk yang sensitif atau bukan. Jika termasuk yang sensitif, pastikan sikat gigi yang Anda gunakan bulunya lembut, sehingga tidak melukai gusi.

– Perbanyak mengonsumsi makanan berserat

Makanan mengandung serat banyak terdapat pada buah-buahan dan sayuran. Dengan mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut setiap harinya (dalam takaran yang pas dan seimbang), tubuh juga akan mendapat asupan nutrisi yang dibutuhkan. Salah satunya Vitamin C yang banyak terkandung pada keduanya.

– Makan makanan yang “sedang-sedang saja”

Dalam artian, jangan mengonsumsi makanan yang terlalu pedas, terlalu dingin, atau terlalu panas. Terlebih bila dilakukan dalam intensitas tinggi. Walaupun hobi, mengonsumsi makanan yang serba terlalu bisa membuat gusi atau bibir luka dan juga panas dalam yang tentunya berpotensi menimbulkan sariawan.

– Minum vitamin tambahan

Seperti diketahui, salah satu penyebab sariawan adalah kekurangan vitamin B dan C. Jika pola makan Anda termasuk yang tidak seimbang, bisa mengonsumsi suplemen ini sepanjang sesuai aturan.

– Hindari stres

Jalani hidup dengan selalu berpikiran positif. Percayalah bahwa seberat apapun permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Enjoy saja!

– Rawat kesehatan mulut

Setelah menyikat gigi, biasakan berkumur dengan obat kumur yang tepat. Sebaiknya yang terbuat dari bahan-bahan alami agar tidak berbahaya di mulut atau jika tertelan.

(wida/wida)

Source link


Sumber: http://ift.tt/2gFdi37