Empat Cara Merawat Mata Bintitan Agar Cepat Sembut

Hampir semua orang pernah merasakan yang namanya mata bintitan. Ini sangat mengganggu penampilan, sehingga kapanpun mengalaminya, kita akan langsung berusaha untuk mengobatinya. Mata bintitan umumnya terjadi di area kelopak mata, dipicu karena infeksi oleh bakteri Staphylococcus Aureus. Cara mengenali mata bintitan sebenarnya mudah saja, yaitu mata terasa tebal dan muncul benjolan. Sisi kelopak manapun bisa mengalami masalah ini dan tak jarang saat mengalaminya, mata menjadi mudah berair. Berikut ini adalah beberapa solusi merawat mata bintitan.
Cara Merawat Mata Bintitan

Panduan Cara Merawat Mata Bintitan Agar Cepat Sembuh

Mengompres mata
Salah satu terapi yang banyak orang percaya mampu menghilangkan benjol di  mata adalah kompres dengan air hangat. Harap perhatikan agar suhu air tidak terlalu panas karena ini justru bisa mencederai bola mata. Celupkan lap bersih ke dalam air hangat, peras, lalu tempelkan ke atas kelopak mata yang mengalami bintitan.
Bawang putih
Karena dipicu oleh bakteri, maka bahan-bahan alami yang memiliki sifat antibakteri juga bisa anda pergunakan untuk mengobati mata bintitan. Setelah dikompres dengan air hangat, selanjutnya anda bisa mencoba terapi dengan bawang putih. Iris bawang putih lalu usap-usapkan bagian yang berair ke kelopak mata. Anda juga bisa menghancurkannya terlebih dahulu sebelum diusapkan secara merata ke atas kelopak mata.
Obat tetes mata
Obat tetes mata juga bisa menjadi solusi untuk merawat mata bintitan. Silakan anda beli obat tetes mata di apotek terdekat lalu langsung teteskan pada mata yang mengalami bintitan. Sebaiknya baca dulu aturan pakainya agar jangan berlebihan. Ulangi terapi agar proses penyembuhan bisa berlangsung lebih cepat. Selain tetes mata, sekarang anda juga bisa menemukan salep yang memiliki kandungan antibiotik. Salep ini juga efektif untuk mengempiskan mata yang kembung akibat bintitan. Namun pastikan sebelum mengoleskannya ke area kelopak mata, bersihkan dulu dengan air hangat.
Daun sirih
Daun sirih juga termasuk herbal yang punya sifat antibiotik alami. Sudah banyak orang membuktikan keampuhan dari daun beraroma khas ini. Cara mengolahnya adalah dengan direbus. Rebus beberapa lembar daun sirih dengan air bersih. Pakai air saringannya untuk membasuh wajah. Anda juga bisa mengaplikasikannya dengan cotton bud.

Nah, demikian cara perawatan mata bintitan. Semoga bermanfaat.

Sumber : http://ift.tt/1qQ6fEy


Sumber: http://ift.tt/2eALvkH