Kenapa Setelah Lebaran Menjadi Gemuk?

badan menjadi gemuk pasca lebaranVemale.com – Pola makan dan gaya hidup sehat selama Ramadan membuat tubuh kita sehat. Namun ketika hari raya lebaran Idul Fitri datang, pola makan yang sehat ini pun berubah. Karena itulah, maka tak jarang setelah lebaran berat badan langsung naik.

Naiknya berat badan saat lebaran biasanya dipicu karena konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak. Seperti yang kita tahu, setiap melakukan silaturahim dipersilahkan untuk makan besar.

Sehingga dikarenakan adanya perubahan sikap dan perilaku selama lebaran dan juga ditunjang dengan menu makanan yang rata-rata berlemak, maka biasanya berat badan akan ikut naik secara otomatis.

Supaya berat badan kita tetap ideal dan tetap langsing setelah lebaran, ada baiknya anda perhatikan beberapa menu diet lebaran sehat berikut ini untuk menjaga agar tubuh tetap sehat :

  1. Jangan makan kuah. Sebisa mungkin jika anda tetap ingin menyantap gulai, rendang ataupun ketupat dan opor ayam, jangan makan juga kuahnya. Anda cukup makan daging yang tanpa gajih atau lemak dan hindari juga makan kulit ayam karena banyak mengandung lemak.
  2. Jangan Makan Gorengan. Sebaiknya ganti alternatif selain memasak dengan cara menggoreng dengan cara direbus, dikukus, disteam atau anda bisa juga coba yang lebih tradisional seperti dipepes.
  3. 4 Buah Setiap Hari. Lebih baik menyajikan buah-buahan segar yang siap untuk dipotong-potong dari pada buah-buahan yang dicampur dengan minuman es buah yang tentunya pasti ada tambahan gula yang bisa meningkatkan kalori.
  4. Minum Air Putih Lebih Banyak. Jangan anda minum minuman seperti soft drink, minuman sirup buah dan minuman yang banyak mengandung gula lainnya. Perbanyak minum air putih pada saat anda selesai makan.
  5. Beras Merah. Sebaiknya anda mengganti nasi putih anda dengan nasi yang berasal dari beras merah, karena beras merah punya tinggi serat dan kalorinya rendah sehingga sangat baik bagi penderita diabetes.
  6. Olahraga. 30 menit saja melakukan olahraga seperti jalan kaki sampai berkeringat sudah cukup untuk membakar kalori agar tubuh selalu terjaga dan berat badan tetap langsing dan ideal.

Ladies, demikian tisps dari dr. Deffy untuk anda. Selamay mencoba.

Sumber: meetdoctor


Sumber: http://ift.tt/2fYEA4z