Manfaat Buah Kiwi Gold Dan Kiwi Hijau Bagi Kesehatan

Buah kiwi gold dan kiwi hijau termasuk salah satu jenis buah yang sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari demi menjaga kesehatan. Namun kenyataannya manfaat buah kiwi ternyata kurang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Kondisi ini wajar karena buah kiwi dibanderol dengan kisaran harga yang terbilang mahal dan sering dianggap sebagai salah satu buah mewah. Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa buah kiwi kaya akan kandungan vitamin C. Bahkan, vitamin C di dalam buah kiwi ternayat jumlahnya lebih banyak bila dibandingkan buah jeruk yang dianggap sebagai penghasil vitamin C paling populer. Di samping itu, vitamin C yang terkandung dalam buah kiwi juga bersifat sebagai zat antioksidan yang mampu mencegah kerusakan sel.

Beberapa manfaat dan khasiat buah kiwi bagi kesehatan

manfaat buah kiwi
buah kiwi

Mencegah penyakit kardiovaskular

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi 2 sampai 3 buah kiwi per hari maka bisa membantu mengencerkan darah. Selain itu, buah kiwi juga mampu mengurangi pembekuan darah serta menurunkan kadar lemak di dalam darah. Dengan kata lain, buah kiwi ini sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung (kardiovaskular).
kiwi gold, kiwi hijau
buah kiwi gold dan kiwi hijau

Mencegah kanker

Mengkonsumsi buah kiwi setiap hari bisa memberikan hampir 2 kali lipat perbaikan DNA manusia. Kerusakan genetik merupakan pemicu timbulnya kanker, maka dengan tingkat perbaikan DNA yang lebih tinggi maka resiko terkena kanker pun dapat diminimalisir.

Menjaga kesehatan ibu hamil

Ibu hamil memerlukan sekitar 400 hingga 800 mikrogram asam folat untuk menjaga kesehatan perkembangan janin di awal masa kehamilannya. Buah kiwi merupakan salah satu buah yang banyak sekali mengandung asam folat. Folat berfungsi untuk membantu perkembangan kognitif dan otak janin serta mencegah timbulnya cacat saraf pada bayi.

Menjaga kesehatan kulit

Buah kiwi mengandung jumlah kalium lebih banyak bila dibandingkan buah pisang. Selain itu, kandungan vitamin C dalam buah kiwi juga lebih banyak jumlahnya dari buah jeruk. Untuk kesehatan kulit, buah kiwi kaya akan vitamin E dan Alfa Linoleic Acid (asam lemak esensial). Vitamin dan mineral ini berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit.

Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi pada buah kiwi mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan sering mengkonsumsi buah kiwi, maka seseorang tidak akan mudah terserang terserang flu ketika musim hujan.

Manfaat buah kiwi untuk menjaga kesehatan mata

Kandungan karotenoid pada buah kiwi akan membantu untuk melindungi mata dari radikal bebas yang membahayakan.

Manfaat buah kiwi untuk menjaga kesehatan pencernaan

Buah kiwi mengandung enzim alami yang akan memecah protein. Selain itu, buah ini mengandung serat yang tinggi dan mampu memperlancar buang air besar. Serat buah kiwi terbukti sangat efektif untuk membersihkan sistem pencernaan. Kandungan vitamin C dalam buah kiwi juga dapat membantu menyembuhkan perut kembung dan mendorong perkembangan bakteri yang menguntungkan bagi tubuh.

Related Posts