Manfaat Buah Nanas Untuk Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Khasiat dan Manfaat Buah Nanas – Nanas termasuk jenis buah tropis yang aslinya berasal dari Amerika Latin. Nanas memiliki nama latin Ananas comosus dan termasuk ke dalam keluarga tanaman Bromeliaceae. Buah ini dikenal memiliki aroma yang khas dan tajam. Rasa buah ini asam, manis dan sangat menyegarkan dengan kandungan air yang cukup banyak. Selain sering dikonsumsi secara langsung, buah nanas juga sering diolah menjadi jus, manisan hingga keripik nanas. Selain sangat bermanfaat untuk bahan makanan, nanas ternyata berkhasiat untuk bahan pengobatan alami dan perawatan kecantikan.

nanas muda, khasiat buah nanas
Daging buah nanas

Berikut ini beberapa manfaat buah nanas untuk kesehatan

Menurunkan Tekanan Darah

Berkat kandungan kalium yang tinggi, buah nanas sangat bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah tinggi. Kandungan serat pada buah nanas dapat mencegah penyerapan lemak di saluran pencernaan. Selain itu, serat akan mencegah penimbunan lemak pada pembuluh darah yang dapat memicu naiknya tekanan darah.

Menurunkan Berat Badan

Nanas kaya akan kandungan enzim proteiolitik yang akan menghambat proses penyerapan lemak di dalam saluran pencernaan sampai ikut terbuang bersama kotoran/feses. Di samping itu, kandungan vitamin C pada nanas juga mendorong proses pembakaran lemak lebih cepat sehingga lemak nantinya tidak menumpuk dalam tubuh.

Menyembuhkan Asam Urat

Kandungan enzim bromelain dan kalium dalam nanas memiliki sifat diuretik untuk membantu mengatasi penyakit asam urat. Akan tetapi, sebaiknya tidak mengonsumsi nanas yang sudah terlalu matang karena kandungan alkoholnya bisa menyebabkan naiknya kadar asam urat.

Mengatasi Gangguan Sistem Pencernaan

Kandungan vitamin C dan serat pada buah nanas bisa mengatasi sembelit dan membuang lemak dari tubuh. Selain itu, kandungan enzim protease pada bromelainnya juga mampu mencerna protein diperlukan oleh tubuh.

Mengatasi perut kembung

Nanas mengandung zat bromelain yang dapat memecah makanan sehingga bisa mengatasi perut kembung. Zat bromelain juga sangat efektif untuk mengurangi peradangan sesudah operasi, menyembuhkan hidung bengkak ketika terkena infeksi sinusitis dan mengurangi rasa nyeri akibat oesteoarthritis.

Menguatkan tulang

Nanas juga sudah sering dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan tulang. Kandungan mangan di dalam buah nanas sangat diperlukan untuk proses pembentukan struktur tulang supaya lebih padat. Sekitar 73% kebutuhan mangan bisa dipenuhi dengan memakan buah nanas dalam satu hari.
manfaat buah nanas
Buah nanas tropis

Mencegah batuk akibat demam dan flu

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah nanas bisa membantu menangkal virus penyebab demam dan flu. Oleh karena itu, buah nanas sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh mereka yang sering menderita flu. Kandungan bromelain dalam buah nanas dapat membantu melancarkan dahak sehingga penyakit batuk pun bisa sembuh dengan lebih cepat.

Menjaga kesehatan gigi

Buah nanas sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan gigi. Hal ini dikarenakan buah nanas memiliki kandungan vitamin C yang tinggi sehingga bisa mencegah pertumbuhan plak pada gigi serta mencegah penyakit gusi.

Related Posts