Mendongeng Itu Tidak Sebatas Kisah Si Kancil

Kebanyakan orang tua sudah mengetahui pentingnya mendongeng. Beberapa manfaatnya antara lain membantu mengembangkan imajinasi anak dan membangun kedekatan orang tua dan anak. Akan tetapi, cukup banyak juga orang tua yang tidak mempraktikkannya dengan banyak alasan. Misalnya, merasa tidak bisa mendongeng atau tidak hapal cerita dongeng yang bagus.

Tampil dalam acara Greenfields Mengajak Orang Tua untuk Menanamkan Kebiasaan Mendongeng, pendongeng profesional Gery Puraatmadja atau akrab disapa Paman Gery memberitahukan bahwa hal tersebut semestinya tidak lagi menjadi alasan. “Karena mendongeng itu tidak mesti kisah si Kancil,” ujar Gery di Kemang Village, Jakarta, Sabtu (1/10). “Membosankan juga buat anak kalau dongengnya tentang si Kancil terus,” lanjutnya.

Dituturkan Gery, kisah apapun bisa saja dijadikan materi mendongeng. Cerita-cerita modern seperti Princess Elsa, My Little Pony, cerita kegiatan sehari-hari, hingga tentang cita-cita anak. Bahkan permainan seperti kuda-kudaan juga bisa termasuk mendongeng. Ayah saat menjadi kuda jangan diam saja. Selipkan juga cerita tentang hewan kuda atau tentang keharusan berhati-hati saat menunggang kuda.

“Selain itu, orang tua bisa menggunakan bantuan alat peraga untuk mendongeng, seperti buku cerita atau boneka jari. Dengan bantuan buku, orang tua yang merasa pandai mengarang cerita bisa terbantu. Jangan lupa minta bantuan anak untuk memegangi buku agar mereka merasa dilibatkan,” papar Gery. Sedangkan boneka jari bisa membuat cerita lebih hidup.

(wida/wida)

Source link


Sumber: http://ift.tt/2ei88qM