Bantu Share Ya!! Lakukan Ini, Bu Agar Anak Siap Menghadapi Tahun Ajaran Baru

Selain Anda yang kembali bekerja setelah libur Lebaran, anak Anda juga akan segera kembali bersekolah. Kebanyakan sekolah akan memulai tahun ajaran baru pada Senin (18/7) mendatang.

Sama halnya dengan Anda yang masih ingin merasakan libur, anak Anda juga ingin memperpanjang liburnya dan tidak ingin kembali bersekolah. Untuk mengatasinya, Anda dapat melakukan tiga hal berikut seperti dilansir laman Kids HealthLine:

Ajak anak berbicara tentang sekolah

Anda bisa menanyakan tentang aktivitas di sekolah apa atau teman mana yang paling ia rindukan di sekolah. Anda juga bisa merencanakan bersama bekal apa yang akan dibawa ketika jadwal sekolah dimulai. Hal ini akan memberikan pikiran positif tentang kembali masuk sekolah setelah liburan.

Sesuaikan jadwal anak

Jam tidur anak biasanya mengalami perubahan pada saat liburan dan bersekolah. Untuk itu, sesuaikan jam tidur anak beberapa hari sebelum jadwal sekolah dimulai. Anda bisa mulai menyesuaikan jadwal anak, mulai dari jadwal tidur. Anak mungkin akan rewel, namun usahakan agar anak mematuhi jadwal tersebut, supaya anak kembali terbiasa ketika jadwal sekolah dimulai.

Beri “PR” liburan untuk anak

Mendekati akhir liburan, Anda bisa meminta anak menuliskan pengalaman favoritnya selama liburan, misalnya dengan menuliskan esai. Biasanya para guru akan menyuruh anak menuliskan berbagai aktivitasnya selama liburan. Dengan memberikan PR tersebut, anak akan lebih siap dan antusias menceritakan pengalamannya kepada teman-teman sekolahnya.

(yuri/wida)

Source link


Sumber: http://ift.tt/2h56mfb