Nah Loh!! Miliki Rambut Yang Tidak Sekedar Indah

Demi mendapatkan tampilan rambut yang “wah”, seseorang terkadang melakukan tindakan berlebihan pada rambut. Padahal ada risiko yang mengancam kesehatan rambut dalam tujuan mendapatkan rambut yang terlihat indah tersebut.

Misalnya, hanya karena rambut hitam legam itu dikatakan indah dan sehat, lantas aplikasi pengecatan rambut dilakukan tanpa perhitungan. Pokoknya, rambut jadi hitam dan legam! Hmmm, Anda patut berhati-hati.

Mendapatkan rambut indah sekaligus sehat, sebetulnya mudah. Cukup dengan mengetahui seluk beluk bagian rambut, sehingga Anda akan bisa memberikan treatmen yang pas. Rambut merupakan struktur solid berbentuk seperti kantong yang tumbuh ke dalam kulit. Terdiri dari akar dan batang rambut. Akar rambut terletak di dalam dermis bagian tengah, sementara batang rambut ada di atasnya.

Bagian batang rambut inilah yang paling sering kena terpaan proses kimiawi karena posisinya yang paling mudah terlihat oleh orang lain. Pada bagian batang rambut, terdiri dari 3 lapisan yakni medula (paling dalam), korteks (tengah), dan kutikula (paling luar). Ketiga bagian pada batang rambut inilah yang harus mendapatkan perawatan ekstra agar rambut yang telah mengalami proses kimiawi tetap dapat tumbuh sehat.

Hal utama yang harus Anda perhatikan, bahwa produk perawatan apapun yang digunakan sebaiknya yang mampu memberikan nutrisi tepat pada rambut. Entah itu produk perawatan rambut berbentuk sampo atau conditioner, alih-alih sekadar membersihkan, harus yang mengandung vitamin dan protein serta kandungan-kandungan lainnya yang bermanfaat menyehatkan rambut.

Bagian medula rambut paling rentan mengalami perubahan kadar pH yang jika dibiarkan terus menerus terkena terpaan zat-zat kimiawi akan menyebabkan rambut bercabang. Bagian ini menjadi sasaran perawatan paling utama, untuk diberikan nutrisi. Karena letaknya yang paling dalam pada rambut, maka memengaruhi kesehatan rambut secara keseluruhan hingga pada bagian kutikula.

Tidak berarti bagian korteks dan kutikula luput dari perhatian. Korteks adalah kunci dari kekuatan rambut karena terdiri dari serat-serat lepasan keratin protein yang kaya sulfur. Di sinilah letak kelembapan rambut. Terjaganya kesehatan korteks akan membuat rambut sehat dan terasa lembut mengembang. Merawat bagian ini diperlukan asupan vitamin dan protein rambut.

Bagian kutikula, paling rentan mengalami kekeringan dan kusam. Tidak hanya karena terpaan zat kimiawi, pancaran sinar matahari dan udara yang tidak bersih pun sudah cukup banyak merusak bagian kutikula. Merawat bagian ini di antaranya adalah membersihkan secara teratur dengan shampo yang dapat memberi perlindungan lebih pada kutikula.

Dengan perawatan rutin setiap hari dari sampo dan conditioner yang tepat, maupun melalui perawatan khusus di klinik kecantikan rambut, rambut indah sekaligus sehat bukan tidak mungkin dimiliki. Mau mengecat rambut dengan warna dan model apapun, selama tidak lupa untuk juga memberikan nutrisi pada rambut, akan aman-aman saja.

(wida/wida)

Source link


Sumber: http://ift.tt/2fTajoZ