Dokter Targetkan Sulami 'Manusia Kayu' Bisa Tekuk Kaki Dan Duduk – Detikcom

Dokter Targetkan Sulami 'Manusia Kayu' Bisa Tekuk Kaki Dan Duduk – Detikcom - Hallo sahabat Informasi Terbaru, Pada sharing Info Terbaru kali ini yang berjudul Dokter Targetkan Sulami 'Manusia Kayu' Bisa Tekuk Kaki Dan Duduk – Detikcom, saya telah menyiapkan informasi tekini di sekitar anda. Mudah-mudahan isi postingan Infoterbaru yang saya tulis ini menambah wawasan anda. okelah, cekidot informasi terbaru dari kami.

Judul Post : Dokter Targetkan Sulami 'Manusia Kayu' Bisa Tekuk Kaki Dan Duduk – Detikcom

lihat juga


Dokter Targetkan Sulami 'Manusia Kayu' Bisa Tekuk Kaki Dan Duduk – Detikcom





Solo – Sulami, ‘manusia kayu’ dari Sragen saat ini telah menjalani perawatan itensif dari tim dokter ahli untuk menangani penyakitnya. Dokter mengakui sulit untuk bisa menyembuhkan Sulami secara sempurna. Namun target terdekat dari tim dokter untuk Sulami adalah bisa menekuk kedua kakinya dan bisa duduk untuk bisa meringankan penderitaannya.

“Kami menargetkan setidaknya pasien ini dapat menekuk kaki serta duduk. Untuk upaya ini, kami dari RS dr. Moewardi Solo berkoordinasi dengan dokter-dokter dari RSO Prof Dr Soeharso,” ujar Arif Nurudin, salah satu dokter ahli penyakit dalam dari RS dr Moewardi yang ikut menangani Sulami, Kamis (26/1/2017).

Untuk target tersebut, lanjut Arif Sulami mendapatkan perawatan intensif selama dirawat di RS dr Moewardi Salah satu obat yang digunakan adalah biologic agent untuk mengurangi progresivitas penyakit. Dibutuhkan waktu setidaknya enam kali pengobatan dalam kurun waktu dua pekan. Sekali tindakan memerlukan biaya obat sebesar Rp 6 juta hingga Rp 8 juta.

Arif memaparkan dari pemeriksaan awal diketahui Sulami mengalami kelainan langka yang disebut autoimun, yaitu sistem kekebalan tubuh justru menyerang sel-sel sehat. Bagian yang diserang pada kasus Sulami adalah persendian sehingga terjadi peradangan tulang belakang dan sendi atau ankylosis spondylitis.

“Kekakuan sendi disebabkan karena ankylosis spondylitis yang menyerang jaringan ikat pada sendi. Peradangan yang terjadi lama-kelamaan membuat ruas tulang belakang menyatu dan kaku seperti pohon bambu sehingga seringkali diistilahkan bamboo spine. Pasien ini juga mengalami pengerasan pada bagian kulit. Pada dasarnya hingga saat ini belum ada obat untuk menyembuhkan kelainan itu. Obat-obatan yang dipakai hanya untuk mengurangi efek dan progresivitas saja,” lanjutnya.

Sulami (35 tahun) warga Desa Mojokerto, Kedawung, Sragen, diketahui telah menderita kelainan sejak usia 10 tahun. Tubuhnya kaku seperti kayu, hanya leher, pergelangan tangan dan pergelangan kaki yang bisa digerakkan secara terbatas. Sejak Rabu kemarin, Sulami dibawa ke RS dr Moewardi, Solo, untuk mendapatkan perawatan khusus terkait penyakitnya itu.

(mbr/try)

Source link


Sumber: http://ift.tt/2k3PUQn


Demikianlah Artikel Dokter Targetkan Sulami 'Manusia Kayu' Bisa Tekuk Kaki Dan Duduk – Detikcom

Sekian Informasi Terbaru dari kami Dokter Targetkan Sulami 'Manusia Kayu' Bisa Tekuk Kaki Dan Duduk – Detikcom, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan informasi terbaru kali ini.

Anda baru saja membaca artikel Dokter Targetkan Sulami 'Manusia Kayu' Bisa Tekuk Kaki Dan Duduk – Detikcom dengan url permalinknya adalah http://dikut.blogspot.com/2017/01/dokter-targetkan-sulami-manusia-kayu.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.