Indonesia Masih Peringkat Dua Kasus Tuberkulosis Terbanyak Di Dunia – Harian Terbit

Indonesia Masih Peringkat Dua Kasus Tuberkulosis Terbanyak Di Dunia – Harian Terbit - Hallo sahabat Informasi Terbaru, Pada sharing Info Terbaru kali ini yang berjudul Indonesia Masih Peringkat Dua Kasus Tuberkulosis Terbanyak Di Dunia – Harian Terbit, saya telah menyiapkan informasi tekini di sekitar anda. Mudah-mudahan isi postingan Infoterbaru yang saya tulis ini menambah wawasan anda. okelah, cekidot informasi terbaru dari kami.

Judul Post : Indonesia Masih Peringkat Dua Kasus Tuberkulosis Terbanyak Di Dunia – Harian Terbit

lihat juga


Indonesia Masih Peringkat Dua Kasus Tuberkulosis Terbanyak Di Dunia – Harian Terbit



Jakarta, HanTer – Tingginya kasus penyakit turbekulosis (TB) di Indonesia diharapkan bisa ditekan khususnya pada kasus TB yang tidak terlaporkan.


Kepala Misi dari Tim Joint Externalt TB Monitoring Mission (JEMM TB), Paul Nunn menyebutkan, jumlah kasus TB di Indonesia sudah melebihi satu juta yang menjadikannya tertinggi kedua di dunia.


Selain itu, JEMM TB juga melaporkan bahwa Indonesia memiliki jumlah kasus TB yang tak terdeteksi atau terlaporkan dengan total 690 ribu kasus. Angka tersebut merupakan kasus tertinggi kedua di dunia.

Paul menyebutkan tingginya angka kasus TB berkorelasi dengan tingginya angka kematian, di mana jumlahnya mencapai 7.500 kematian dalam setahun pada kasus TB yang terlaporkan dan 10 ribu kematian dalam setahuh pada kasus yang tak terlaporkan.

Tidak terdeteksinya penderita penyakit TB tersebut dikarenakan masyarakat yang tidak terjangkau akses fasilitas kesehatan, yakni kalangan yang tidak mendapat perawatan sama sekali bahkan belum didiagnosis.


“Lebih dari 27 pasien dirawat di rumah sakit pemerintah namun setengahnya tidak terlaporkan pada program TB nasional,” kata dia di Jakarta, Kamis (26/1/2017).


Paul menyebut jumlah kasus TB yang kebal terhadap obat atau TB resisten juga sudah lebih dari 30 ribu kasus dalam setahun dan hanya 1.848 orang yang memulai pengobatannya di rumah sakit. Meningkatnya penyakit TB, lanjut dia, sebagian juga disebabkan oleh koinfeksi dari infeksi HIV dan TB. Tim JEMM TB melaporkan kasus koinfeksi TB dan HIV tercatat sebanyak 78 ribu kasus.


Sementara itu, Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan , M Subuh, meminta seluruh masyarakat dan pemangku pemerintah membantu menemukan pasien TB yang belum terlaporkan. Hal ini dibutuhkan untuk mengatasi pembludakan angka pasien TB. 


 

(Arbi/Ant)

Source link


Sumber: http://ift.tt/2jBQbHb


Demikianlah Artikel Indonesia Masih Peringkat Dua Kasus Tuberkulosis Terbanyak Di Dunia – Harian Terbit

Sekian Informasi Terbaru dari kami Indonesia Masih Peringkat Dua Kasus Tuberkulosis Terbanyak Di Dunia – Harian Terbit, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan informasi terbaru kali ini.

Anda baru saja membaca artikel Indonesia Masih Peringkat Dua Kasus Tuberkulosis Terbanyak Di Dunia – Harian Terbit dengan url permalinknya adalah http://dikut.blogspot.com/2017/01/indonesia-masih-peringkat-dua-kasus_27.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.