Dokter Tersangka Penoda Agama Segera Dilimpahkan – Balikpapan Pos

Dokter Tersangka Penoda Agama Segera Dilimpahkan – Balikpapan Pos - Hallo sahabat Informasi Terbaru, Pada sharing Info Terbaru kali ini yang berjudul Dokter Tersangka Penoda Agama Segera Dilimpahkan – Balikpapan Pos, saya telah menyiapkan informasi tekini di sekitar anda. Mudah-mudahan isi postingan Infoterbaru yang saya tulis ini menambah wawasan anda. okelah, cekidot informasi terbaru dari kami.

Judul Post : Dokter Tersangka Penoda Agama Segera Dilimpahkan – Balikpapan Pos

lihat juga


Dokter Tersangka Penoda Agama Segera Dilimpahkan – Balikpapan Pos

PROKAL.CO, BALIKPAPAN  –  Kejadian ini menjadi pelajaran bagi kita semua agar berhati-hati di dunia maya. Kalau asal menulis semau diri sendiri bisa berbuntut hukum pidana. Akhirnya repot sendiri, ke sana kemari menjalani pemeriksaan  polisi. Duduk di kursi pesakitan, bahkan bisa dijebloskan dalam penjara.

Kejadian tak mengenakkan itu, kini dirasakan seorang dokter sebuah rumah sakit swasta di Balikpapan berinisial OR. Beberapa bulan ini, OR menjalani pemeriksaan di Polres Balikpapan, yang di-back up Cyber Crime Polda Kaltim. Nah, pemeriksaan di kepolisian sudah selesai, tinggal merapikan berita acara pemeriksaan (BAP). Selanjutnya, sang dokter tersebut segera dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Balikpapan.

“Saat ini sedang merapikan berkas-berkas. Dalam waktu dekat, tersangka dokter OR segera dilimpahkan ke kejaksaan,” terang Kapolres Balikpapan AKBP Jeffri Dian Juniarta kepada Balikpapan Pos, Jumat (17/2) kemarin.

Menurutnya, dikirimnya berkas penodaan agama dengan tersangka OR ke kejaksaan, karena pihak ke­polisian menganggap berkas pemeriksaan sudah lengkap. “Setelah dikirim ke kejaksaan, nantinya kita lihat, apakah berkas dikembalikan atau dinyatakan lengkap oleh pihak kejaksaan,” bebernya.

Jika nantinya berkas dinyatakan belum lengkap, maka pihak kepolisian akan melengkapinya. Namun, jika berkas tersebut dinyatakan lengkap, tersangka beserta barang buktinya segera dilimpahkan ke kejaksaan.

Sejauh ini, sejumlah saksi ahli telah dimintai keterangan oleh pihak kepoli­sian. Di antaranya, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kementerian Agama (Ke­menag), ahli bahasa dari Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, serta saksi ahli ITE yang melaku­kan pemeriksaan terhadap handphone dan laptop mi­lik tersangka OR.

Untuk diketahui, naiknya status tersangka, ini diikuti dengan pemeriksaan ulang berita acara terhadap OR di ruang Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Polres Balikpapan pada Selasa (14/2) siang. Pem­buatan BAP dengan status ter­sangka berlangsung hingga sore hari. Dengan ditemani istri dan kuasa hukumnya, OR menjalani pemeriksaan di ru­ang tipiter.

Naiknya status OR menjadi tersangka, ini setelah melihat hasil dari BAP dan keteran­gan dari sejumlah saksi ahli. Dari hasil itu, kasus ini bu­kan penistaan agama tetapi penghinaan atau penodaan agama. “Tersangka dokter OR membandingkan antara kegiatan yang diasumsikan, dituliskan di media sosial. Bahwa naik haji tidak perlu ke Makkah, cukup lari-lari antara Masjid Istiqlal sam­pai Istana Negara. Dia nulis dengan banyak kalimat yang diperhatikan dan dicermati oleh ahli bahasa Indonesia dan ahli dari Departemen Agama. Hasilnya, tulisannya sangat bertentangan dengan rukun Islam yang kelima,” bebernya.

Kasus dugaan penistaan agama ini bukan dilakukan oleh orang yang beda agama. OR memiliki kepercayaan agama yang sama. Diperki­rakan ada beberapa hal yang mendorong OR membuat postingan di media sosial, sehingga memicu banyak kecaman dari berbagai ka­langan. Ulahnya itu pun dilaporkan ke pihak kepolisian pada pertengahan Desem­ber 2016 lalu.

Dalam perjalanan, sejum­lah saksi ahli telah dimintai keterangan. Saksi-saksi ahli ini di antaranya ahli bahasa, agama, dan ITE. OR telah di­mintai klarifikasi terkait post­ingannya di Facebook yang diberi judul “Ibadah Haji di Jakarta utk Yg tidak Mampu”.(pri/ono/k1)

Source link


Sumber: http://ift.tt/2lu1wNJ


Demikianlah Artikel Dokter Tersangka Penoda Agama Segera Dilimpahkan – Balikpapan Pos

Sekian Informasi Terbaru dari kami Dokter Tersangka Penoda Agama Segera Dilimpahkan – Balikpapan Pos, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan informasi terbaru kali ini.

Anda baru saja membaca artikel Dokter Tersangka Penoda Agama Segera Dilimpahkan – Balikpapan Pos dengan url permalinknya adalah http://dikut.blogspot.com/2017/02/dokter-tersangka-penoda-agama-segera.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.