Jangan Ucapkan Kalimat Ini Kepada Anak Dengan Kanker – KOMPAS.com

Jangan Ucapkan Kalimat Ini Kepada Anak Dengan Kanker – KOMPAS.com - Hallo sahabat Informasi Terbaru, Pada sharing Info Terbaru kali ini yang berjudul Jangan Ucapkan Kalimat Ini Kepada Anak Dengan Kanker – KOMPAS.com, saya telah menyiapkan informasi tekini di sekitar anda. Mudah-mudahan isi postingan Infoterbaru yang saya tulis ini menambah wawasan anda. okelah, cekidot informasi terbaru dari kami.

Judul Post : Jangan Ucapkan Kalimat Ini Kepada Anak Dengan Kanker – KOMPAS.com

lihat juga


Jangan Ucapkan Kalimat Ini Kepada Anak Dengan Kanker – KOMPAS.com

JAKARTA, KOMPAS.com – Anak terkena kanker membutuhkan dukungan penuh dari orangtua. Tak hanya dukungan untuk menjalani pengobatan, tetapi juga secara psikologis. Jangan sampai orangtua mengucapkan kalimat yang malah membuat semangat anak menjadi turun.

Psikolog anak dan remaja dari Pion Clinician, Astrid WEN mengatatakan, orangtua sebaiknya hindari kalimat yang menunjukkan si anak telah membebani orangtua sejak terkena sakit kanker.

“Misalnya, ‘mama jadi enggak bisa ke mana-mana karena harus ngurusin kamu’. Jangan menyalahkan anak,” jelas Astrid.

Ketika anak terkena kanker, orangtua pun biasanya ikut merasa stres. Untuk itu, orangtua juga harus mengelola emosinya.

Ketika anak menangis, jangan malah dimarahi atau dilarang. Biarkan anak melepaskan emosinya karena sakit kanker. Namun, orangtua perlu memberikan semangat agar anak tidak larut dalam kesedihan.

“Jangan bilang, ‘kamu capek melulu, nangis melulu, bisa enggak sih lebih kuat’. Kan memang capek dan stres juga buat anak,” kata Astrid.

Selain itu, jangan terlalu membatasi kegiatan yang disukai anak dan selalu melabeli anak dengan penyakitnya. Misalnya, anak merengek ingin main bola. Tetapi, orangtua melarang dengan mengatakan, ‘Jangan main bola, kamu kan sakit kanker’.

“Daripada bicara seperti itu, lebih baik bilang, ‘oh kamu mau main bola. Nanti kita tanya dokternya dulu yaa, kapan bisa main bola’. Anak kan juga ingin melakukan aktivitas seperti biasa. Kalau aktivitas itu bisa dilakukan jadi momen menyenangkan buat anak,” papar Astrid.

Lebih baik gunakan kata-kata yang lebih positif ketika berbicara dengan anak. Orangtua juga harus terlihat kuat dihadapan anak, meski sesekali menunjukkan kesedihan tak ada salahnya.

Source link


Sumber: http://ift.tt/2lz69WG


Demikianlah Artikel Jangan Ucapkan Kalimat Ini Kepada Anak Dengan Kanker – KOMPAS.com

Sekian Informasi Terbaru dari kami Jangan Ucapkan Kalimat Ini Kepada Anak Dengan Kanker – KOMPAS.com, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan informasi terbaru kali ini.

Anda baru saja membaca artikel Jangan Ucapkan Kalimat Ini Kepada Anak Dengan Kanker – KOMPAS.com dengan url permalinknya adalah http://dikut.blogspot.com/2017/02/jangan-ucapkan-kalimat-ini-kepada-anak.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.