Lakukan 5 Hal Ini Untuk Atasi Rumah Yang Terkena Banjir – Lifestyle Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta Banjir bukanlah masalah baru yang muncul ketika musim hujan melanda. Selain curah hujan yang tinggi, banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya banjir, yaitu aliran air yang mampet atau kebiasaan membuang sampah di sungai.

Ketika rumah Anda terkena banjir, Anda harus mengatasinya dengan cara-cara yang tepat agar kondisi rumah tetap terjaga. Melansir dari situs wikihow.com, Selasa (22/2/2017) inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kondisi rumah saat banjir.

1. Matikan seluruh sambungan listrik

Meskipun aliran listrik sudah dimatikan oleh perusahaan listrik saat banjir, namun Anda masih harus tetap memeriksa sambungan listrik di rumah. Hal ini untuk menjaga terjadinya bencana lain seperti konslet serta putusnya jaringan listrik.

2. Matikan gas di dapur

Ketika banjir, peralatan gas dan pipa mungkin rusak dan akan menimbulkan kebocoran gas. Cabut pipa gas untuk mencegah terjadinya kebocoran. Namun, bila Anda mencium bau gas segera keluar rumah dan mengungsi terlebih dahulu.

3. Lindungi barang-barang berharga di rumah

Cari dan lindungi barang-barang berharga dari dalam rumah seperti uang, perhiasan, foto, dan dokumen-dokumen penting. Bila barang-barang tersebut terkena lumpur sisa banjir, segera bersihkan dan simpan dalam kotak yang aman dan anti air.

4. Lindungi rumah Anda dari kerusakan lebih lanjut

Selain mengecek saluran air, hal yang perlu diperhatikan saat banjir adalah bagian penting dari rumah, seperti atap, dinding dan jendela. Bila pada bagian rumah tersebut terdapat kerusakan atau lubang, perbaiki dan tutup dengan menggunakan papan atau terpal plastik agar air tak masuk ke dalam rumah.

5. Bersihkan rumah dari lumpur

Banjir yang sudah surut biasanya menyisakan lumpur dan jamur penyebab penyakit. Penting bagi Anda untuk segera membersihkan sisa-sisa lumpur sehabis banjir sesegara mungkin agar terhindar dari berbagai macam penyakit.

Source link


Sumber: http://ift.tt/2kSFksi