Mengasah Kemampuan Dan Bakat Anak Di Bidang Robotic – BeritaSatu

Jakarta – Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang dilakukan siswa di luar jam belajar kurikulum utama. Salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang kini sedang banyak diminati para pelajar adalah robotik. Terlebih, ekstrakurikuler ini dapat dilakukan mulai dari anak di usia dini hingga perguruan tinggi.

Hal inilah yang kemudian mendasari alasan digelarnya acara Science Kids & Robotic Kids Fair 2017, di Pusat Batik, Grand ITC, Permata Hijau, Minggu, (19/2). Rangkaian kegiatan ini diramaikan dengan pameran alat peraga sains, lomba robotik, dan talk show untuk skala sekolah dasar. Hadir sebagai pembicara dalam talkshow itu, yakni Feti Tristiana, M.Si dari PPIPTEK (Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi).

 Direktur Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan menengah Kemendikbud, Wowon Widaryat, meninjau acara Science Kids & Robotic Kids Fair 2017, di Pusat Batik, Grand ITC, Permata Hijau, Minggu, 19 Februari 2017.

Direktur Pembinaan Sekolah Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Wowon Widaryat, mengatakan, Indonesia termasuk negara yang diperhitungkan di dunia soal science dan robotic.

“Science dan robotic sangat bermanfaat dalam melatih motorik halus, pikiran, serta reflek ke anggota fisik. Bahkan, dapat merangsang berfikir sistematis dan terstruktur dalam merangkai masalah dan imajinasi, sebab merancang robot itu diperlukan kreativitas sekaligus melatih kesabaran,” ujar Wowon, dalam siaran pers yang diterima Beritasatu.com, Senin (20/2).

Terkait dengan kurikulum, Wowon menjelaskan, robotik belum terakomodir secara khusus di kementrian. “Namun, bagian-bagiannya sendiri sudah ada dan telah dilakukan setiap tahun,” tambahnya.

Sementara itu, Property Manager Grand ITC Permata Hijau, Devy Krisnandi, mengungkapkan, kegiatan ini ditujukan untuk mendukung kegiatan siswa yang senang akan robotik.

“Selain belajar robotik, mereka bisa menerapkannya dalam kegiatan ini. Ekskul robotik dapat mengenalkan dan mengajarkan anak tentang teknologi sejak dini. Selain itu, juga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengoperasikan komputer,” ujar Devy.

Acara ini, lanjut dia, diharapkan bisa menjadikan generasi muda lebih sering berkompetisi dalam hal pemebelajaran khususnya robotic. “Kami juga akan selalu memberikan dukungan dengan rutin menyelenggarakan acara ini untuk mereka,” tambahnya.

Feriawan Hidayat/FER

BeritaSatu.com

Source link


Sumber: http://ift.tt/2l0xJsg