Penderita Diabetes Masih Boleh Makan Manis, Kok – Tabloidbintang.com

Penderita diabetes masih boleh makan makanan manis

AURA.CO.ID – Menurut WHO, penderita penyakit diabetes di dunia saat ini terus meningkat setiap tahunnya. Bahkan jika terus dibiarkan, diperkirakan pada tahun 2030, setiap 1 dari 7 orang di Indonesia menderita diabetes. 

Dr. Mulyani Anny Suryani Gultom, SpPD, dokter spesialis penyakit dalam dari RS Siloam Jakarta menuturkan Penyakit diabetes memang tergolong penyakit yang berat. “Penderita diabetes memilki ketidakmampuan melakukan metabolisme gula dengan baik, dapat menyebabkan terganggunya fungsi organ tubuh lainnya, yang berujung pada berbagai macam komplikasi.” ujarnya.

Menurut peraturan Kementrian Kesehatan, Permenkes 2013, orang hanya boleh mengonsumsi gula sebanyak 50 gram sehari atau setara dengan 4 sendok makan. “Bahkan itupun sudah termasuk makanan alami seperti buah, sayur, dan susu. Jadi bukan hanya gula pasir,” ungkapnya saat ditemui di sebuah restoran di Jakarta Selatan.

Lalu, bagaimana dengan penderita diabetes? Menurut dokter Mulyani, penderita diabetes juga masih bisa mengonsumsi makanan manis asal menggunakan pemanis rendah kalori. “Saat ini, sudah tersedia berbagai pemanis yang sudah disetujui dan dinyatakan aman oleh WHO, seperti sukrosa, aspartam, acesulfame-K, dan Stevia.” ujarnya. 

“Jadi, penderita diabetes pun bisa tetap mengonsumsi makanan manis tanpa khawatir kelebihan kalori ataupun kenaikan gula darah,” tutup dokter Mulyani. 

 

(ages/wida)

Source link


Sumber: http://ift.tt/2lsseCz