Penderita HIV/AIDS Di Bukittinggi Menurun – Haluan

Penderita HIV/AIDS Di Bukittinggi Menurun – Haluan - Hallo sahabat Informasi Terbaru, Pada sharing Info Terbaru kali ini yang berjudul Penderita HIV/AIDS Di Bukittinggi Menurun – Haluan, saya telah menyiapkan informasi tekini di sekitar anda. Mudah-mudahan isi postingan Infoterbaru yang saya tulis ini menambah wawasan anda. okelah, cekidot informasi terbaru dari kami.

Judul Post : Penderita HIV/AIDS Di Bukittinggi Menurun – Haluan

lihat juga


Penderita HIV/AIDS Di Bukittinggi Menurun – Haluan


BUKITTINGGI, HALUAN- Selama tahun 2016 kemarin, Komisi Pemberantasan AIDS (KPA) Bukittinggi menemukan 73 kasus penderita HIV/AIDS yang dirujuk ke Bukittinggi. Kasus tersebut meningkat jika dibanding tahun 2015 silam yakni sebanyak 68 kasus.


Sekretaris KPA Bukittinggi Marsal mengatakan, jumlah  kasus penderita HIV/AIDS tersebut diperoleh KPA dari dua tempat rujukan yang disediakan, yakni Rumah Sakit Achmad Moechtar (RSAM) dan Klinik Serunai. Secara akumulatif total kasus HIV AIDS selama 2016 tercatat 73  kasus, terdiri dari 52 laki-laki dan 21 perempuan


Dilihat secara rujukan kata Marsal, kasus HIV/AIDS ditahun 2016 memang terjadi pengingkatan dari tahun sebelumnya. Namun demikian, secara daerah khususnya untuk Bukittinggi kasus korban penderita HIV ditahun 2016 itu cenderung menurun dari tahun sebelumnya, yakni dari 18 kasus  penderita HIV/AID ditahun 2015 menurun menjadi 11 Kasus ditahun 2016.


“Khusus untuk Bukittinggi penderita HIV/AIDS yang dirujuk ke RSAM selama tahun 2016 cenderung menurun. Sebab penderita HIV yang banyak dirujuk ke RSAM tersebut berasal dari daerah tetangga dibawah naungan KPA Bukittinggi. Mereka yang dirujuk ini setelah dinyatakan positive menderita HIV/AIDS,” ungkap Marsal, Kamis (9/2) dikantornya.


Adapun penderita HIV/AIDS yang paling banyak dirujuk itu terang Marsal, berasal dari Agam sebanyak 25 orang, disusul Payakumbuh 12 orang, Bukittinggi 11 orang, Tanah Datar 8 orang, Pasaman 6 orang, Padang Panjang 4 orang dan Lima Puluh Kota 3 orang.


Menurutnya, penurunan kasus HIV untuk kota Bukittinggi selama tahun 2016 itu tidak terlepas dari berbagai upaya yang dilakukan oleh KPA dengan sebaik mungkin. Upaya itu diantaranya melakukan pemberdayaan, memberikan informasi kelapangan terhadap bahaya HIV/AIDS, memberikan bantuan peningkatan kesehatan melalalui medical chek up di puskesmas yang ada.


Selain itu KPA  juga berupaya melakuka perubahan prilaku penderita melalui pertemuan dengan psikolog. Dan tak kalah pentingnya adalah sosialisasi yang terus digencarkan kepada masyarakat, pelajar, dan mahasiswa. “Alhamdulilah berbagai upaya dan program yang dijalankan oleh KPA mendapat dukungan dan bantuan dari pemerintah daerah,” sebut Marsal.


Ia menambahkan, untuk mengatasi dan menekan kasus HIV/ AIDS di Bukittinggi,  KPA juga meng­gandeng empat kelompok LSM peduli HIV,  diantaranya LSM Forsis,  LSM Per­sau­da­raan Korban Napza Bu­kit­tinggi (PKNB), LSM New Padoe Ji­wa (NPJ) serta LSM Kelompok Dukung Sebaya (KDS).


Empat LSM ini memiliki tugas yang berbeda dilapangan seperti ber­tugas untuk advokasi di lapa­ngan, mencari, menjangkau, dan melakukan pendampingan terhadap korban yang berpotensi ter­jangkit HIV/AIDS,  melakukan pemberdayaan dan  me­nga­lihkan aktivitas negatif ke aktivitas positif, serta mendampingi korban yang sudah terinfeksi untuk mendapatkan pelayanan kesehatan hingga me­ngingatkan kor­ban untuk meminum obat. “LSM ini selain menciptakan kondisi kondusif dilapangan juga melakukan pendekatan kepada orang yang beresiko atau orang yang positif terkena HIV AIDS untuk mau dirujuk melakukan pemeriksaan ketempat yang telah disediakan. Selain itu, mereka juga melakukan pemahaman dan memberikan pengetahuan terhadap masyarakat akan bahaya AIDS,” pungkas Marsal. (h/tot)


Source link


Sumber: http://ift.tt/2lvpt3t


Demikianlah Artikel Penderita HIV/AIDS Di Bukittinggi Menurun – Haluan

Sekian Informasi Terbaru dari kami Penderita HIV/AIDS Di Bukittinggi Menurun – Haluan, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan informasi terbaru kali ini.

Anda baru saja membaca artikel Penderita HIV/AIDS Di Bukittinggi Menurun – Haluan dengan url permalinknya adalah http://dikut.blogspot.com/2017/02/penderita-hivaids-di-bukittinggi.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.