Peneliti Kembangkan Alat Kontrasepsi Baru Untuk Pria – Metro TV News


Metrotvnews.com, Jakarta: Kondom menjadi alat kontrasepsi yang paling banyak dipilih pria, dibandingkan vasektomi. Namun, tak lama lagi akan ada alat kontrasepsi baru yang diperuntukkan bagi kaum adam.

Para peneliti kembali menemukan sebuah inovasi untuk mencegah terjadinya kehamilan, dimana sebuah injeksi gel, disebut Vasalgel, yang diberikan pada monyet dapat mencegah terjadinya kehamilan. Fakta tersebut membuka kemungkinan bahwa Vasalgel juga dapat diaplikasikan kepada manusia.

Parsemus Foundation mengungkapkan bahwa percobaan tersebut sebelumnya dilakukan pada sekumpulan kelinci. Cara kerjanya, Vasalgel menghalangi jalan dari testikel menuju penis ketika disuntikkan pada pembuluh penghubung vas deferens.

Studi tersebut mendeskripsikam cara bagaimana kontrasepsi bekerja, yaitu dengan memenuhi jalur menuju penis atau menjadi penghalang mekanis dari perjalanan sperma. Ketika seorang pria ingin memiliki anak, gel bisa dihilangkan.

“Vasalgel bisa menjadi alat kontrasepsi pria pertama yang berjangka panjang, tidak bersifat hormonal, dan berpotensi dipakai luar-dalam,” demikian menurut yayasan tersebut.

Bagi pria yang mengalami efek samping saat menggunakan alat kontrasepsi hormonal, studi tersebut mengklaim bahwa efek samping Vasalgel setara dengan pengalaman setelah melakukan vasektomi.

“Vasalgel diciptakan agar bisa ditoleransi tubuh  dengan komplikasi minimal,” tegas penelitian.

Uji coba pada monyet tersebut telah membuktikan bahwa gel dapat berfungsi hewan tersebut dengan anatomi seperti manusia, sehingga uji coba pada manusia pun akan segera dimulai. Jika berhasil, maka alat kontrasepsi pada pria pun bertambah jenisnya, selain kondom dan vasektomi.

Permintaan untuk alat kontrasepsi pria baru semakin meningkat. Survei dari yayasan tersebut membuktikan bahwa kebanyakan pria tertarik untuk mencoba metode baru dimana 20 persen pasangan mengandalkan alat kontrasepsi pria untuk mencegah kehamilan. (Medical Daily)

(DEV)

Source link


Sumber: http://ift.tt/2lmBzjy