Pola Hidup Sehat Mampu Usir Kanker – Kedaulatan Rakyat

SLEMAN (KRjogja.com) – Penyakit kanker masih mendominasi penyebab kematian manusia. Sampai saat ini ada 8,2 juta pasien menjadi korban keganasan kanker sehingga menjadi keprihatian seperti ang dirasakan Ahli Hematologi Onkologi Medik Universitas Gadjah Mada (UGM) dr. Mardiah Suci Hardianti,Ph.D.

Menurut dr Mardiah sel kanker masih sangat mungkin dicegah dengan mengatur pola hidup seperti menjauhi rokok, minuman beralkohol, polusi udara hingga rutin berolahraga. 

“Setiap orang bisa mengurangi resiko kanker dengan pola hidup sehat, dan ini sebenarnya sangat mudah. Selain itu kita perlu kenali tanda awal kanker contohnya adanya benjolan yang semakin lama membesar, batuk terus menerus hingga sesak nafas yang merupakan tanda kanker paru, atau pendarahan saat buang air besar yang merupakan tanda kanker usus, kita harus mulai perhatian dengan diri kita,” ungkapnya. 

Disebutkan Mardiah, orang dengan kanker masih sangat mungkin untuk sembuh dengan berbagai treatment medis yang ada saat ini. Namun tak memungkiri bawasanya dukungan orang-orang sekitar turut membawa andil dalam kesembuhan orang dengan kanker. 

“Sangat penting melakukan voice heard dan dimungkinkan untuk kembali bekerja juga bisa memulihkan normalitas, stabilitas dan kontak sosial orang dengan kanker. Ini tentu disertai dengan dukungan dari orang-orang sekitar seperti keluarga, teman dan kerabat juga di semua lingkungan,” imbuh dokter penyakit dalam RSUP Dr. Sardjito ini.

Dia menambahkan peran pemerintah untuk menempatkan pengendalian kanker dalam rancangan kesehatan nasional sehingga akses layanan perawatan kanker menjadi prioritas. 

“Peningkatan keterampilan, pengetahuan, dan kompetensi penyedia layanan kesehatan pun perlu diupayakan dalam pelayanan kanker berkelanjutan juga penting yakni bergabung untuk menciptakan kemitraan multisektoral yang inovatif dalam pencgahan, deteksi dini, pengobatan serta perawatan kanker,” pungkasnya. (Fxh)

Source link


Sumber: http://ift.tt/2kw50fE