Samosir Siapkan Festival Penjaring Turis Ke Danau Toba – JPNN.com

Samosir Siapkan Festival Penjaring Turis ke Danau Toba - JPNN.COM

Danau Toba di Sumatera Utara. Foto: dokumen Sumut Pos

jpnn.com – Gunung Toba yang menjadi cikal bakal terbentuknya danau vulkanik terbesar di dunia bakal kembali mengundang perhatian. Ada berbagai events di wilayah Kabupaten Samosir yang akan menarik wisatawan nusantara ataupun mancanegara.

Pada Rabu malam (22/2), Pemerintah Kabupaten Samosir meluncurkan 10 Kalender Event. Peluncurannya digelar di Jakarta.

Ketua Pokja 10 Destinasi Prioritas Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Hiramsyah S Thaib menyebut berbagai kegiatan yang digelar di Samosir patut diapresiasi. Sebab, hal itu akan berkontribusi pada target kunjungan wisman pada 2017 yang dipatok di angka 15 juta.

“Suasana industri pariwisata saat ini sedang bergairah. Semua lini bergerak. Berdasarkan target Kementerian Pariwisata untuk tahun 2017, yakni sebesar 15 juta kunjungan wisatawan mancanegara,” ujarnya.

Hiramsyah menambahkan, Kemenper memperkirakan pada 2017 juga ada 265 juta pergerakan wisatawan nusantara. Karenanya berbagai upaya ditempuh demi mengejar target 15 juta wisman.

“Berbagai persiapan sedang berjalan termasuk infrastruktur jalan, pelabuhan laut, marina dan udara. Dan yang tak kalah penting nya adalah pemanfaatan Go Digital ITX (Indonesia Tourism Exchange, red). Terima kasih kepada pemerintah setempat yang telah melaunching kalender event Samosir 2017,” tuturnya.

Launching itu juga dihadiri beberapa pejabat dari pemerintah daerah di sekitar Danau Toba. Ada pula tokoh-tokoh asal Sumatera Utara seperti Maruarar Sirait, Junimart Girsang, Trimedya Panjaitan, Cornel Simbolon.

Sedangkan Kalender Event Samosir 2017 antara lain Festival Pasir Putih (23 Maret di Pasir Putih Parbaba), Festival Gondang Naposo (29-30 April di Parbaba), Samosir Band Festival (12-13 Mei di Pasir Putih Parbaba), Batak Fiesta (27-29 Juni di Tuktuk Siadong), Horja Bius (7-8 Juli di Tomok), Samosir Music International (12 Agustus di Tuktuk Siadong).

Source link


Sumber: http://ift.tt/2l6vOSs