Tetap Bergaya Dengan Lensa Kontak Tanpa Takut Iritasi – CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia
Menggunakan lensa kontak adalah salah satu solusi “membebaskan” diri dari ketergantungan pada kacamata. Pengguna bisa menjadi lebih bebas beraktivitas. Itu sebabnya lensa kontak kini menjadi sangat populer. 

Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan lensa kontak karena kelalaian dalam pemakaian dan perawatan akan berdampak buruk pada mata.

Salah satu hal yang harus dihindari adalah penggunaan lensa kontak saat tidur lebih dari dua jam untuk menghindari iritasi mata. Jadi, pengguna lensa kontak sebaiknya melepas lensa kontak saat mau tidur. 

“Mata membutuhkan oksigen. Saat tidur, aliran oksigen masuk ke mata sehingga bila menggunakan lensa kontak, jalan oksigen pun terhalangi,” kata Budi Darmawan, Consultant Profesional Acuvue kepada CNN Indonesia di Jakarta, Selasa (21/2).

Selain itu, lensa kontak juga harus dibersihkan secara rutin setiap hari dengan menggunakan cairan pembersih khusus yang setelah digunakan tidak boleh digunakan untuk penggunaan yang kedua kali. Tangan pengguna pun harus bersih ketika mencuci lensa kontak agar tetap higienis.

Dalam memilih lensa kontak, ada berbagai pilihan produk yang ditentukan oleh waktu pemakaian. Pilihan lensa kontak untuk sekali pakai, dua minggu atau enam bulan pemakaian. Semua tergantung kebutuhan pengguna. 

“Jika memilih penggunaan lensa kontak yang sekali pakai, ya sebaiknya mengikuti petunjuk pemakaian. Setelah dilepas, jangan dipakai lagi dan hanya dipakai dalam 1 hari saja. Pemakaian lebih dari satu hari akan menyebabkan iritasi dan mempengaruhi kesehatan mata,” ujar Lusianawati, Area Sales Supervisor Acuvue. 

Pilihan warna lensa kontak pun beragam seperti abu-abu, biru maupun cokelat sehingga lensa kontak kini lazim digunakan untuk mempercantik penampilan. Yang harus diperhatikan saat membeli lensa kontak berwarna ini adalah lapisan pigmen warna berada di tengah lensa kontak.  

“Jika lapisan pigmen warna berada di bagian depan atau belakang, ini akan melukai kornea mata karena pigmen pewarna itu akan bersentuhan langsung dengan kornea mata,” kata Budi. 

Sedangkan Lusi menambahkan jika kesalahan penggunaan lensa kontak bisa mengakibatkan banyak hal. Beberapa diantaranya seperti mata merah, pembengkakan pada kornea hingga katarak. 

“Karena itu, penggunaan lensa kontak butuh sedikit kedisiplinan dalam penggunaannya dan perawatan, terutama untuk lensa kontak untuk penggunaan durasi panjang.” (SYS)

Source link


Sumber: http://ift.tt/2kZb6nx