Bangun Tidur Tak Merasa Bugar? Waspadai Gangguan Ini – Republika Online

Bangun Tidur Tak Merasa Bugar? Waspadai Gangguan Ini – Republika Online - Hallo sahabat Informasi Terbaru, Pada sharing Info Terbaru kali ini yang berjudul Bangun Tidur Tak Merasa Bugar? Waspadai Gangguan Ini – Republika Online, saya telah menyiapkan informasi tekini di sekitar anda. Mudah-mudahan isi postingan Infoterbaru yang saya tulis ini menambah wawasan anda. okelah, cekidot informasi terbaru dari kami.

Judul Post : Bangun Tidur Tak Merasa Bugar? Waspadai Gangguan Ini – Republika Online

lihat juga


Bangun Tidur Tak Merasa Bugar? Waspadai Gangguan Ini – Republika Online

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Sleep anea cukup banyak dialami masyarakat.  Meskipun penelitian sleep anea secara nasional untuk mengetahui prevalensinya di Indonesia belum ada, namun Jurnal Penyakit  Dalam Indonesia menyebutkan hampir 23 persen populasi menderita masalah gangguan tidur ini.

Sementara itu hasil studi di Jakarta menyebutkan bahwa prevalensi sleep anea mencapai 16-17 persen,  kata spesialis saraf dari RS  Medistra Rimawati Tedjasukmana dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Studi dari American Academy of Sleep Medicine disebutkan jumlah pria dengan sleep apnea empat kali lebih banyak dibandingkan dengan perempuan. Dalam kelompok usia di atas 65 tahun, 10 persennya memiliki kondisi tersebut.

Gejala umum dari sleep apnea adalah kelelahan, sulit berkonsentrasi, kehilangan memori, sakit kepala, insomnia, lekas marah serta penyakit jantung dan depresi. Menurut Rimawati, sleep apnea bisa menjadi silent killer dengan gejala seperti mendengkur, berhenti bernapas sesaat, sering terbangun di malam hari untuk buang air kecil, tersedak, tercekik waktu tidur, bangun tidak segar, mengantuk berlebihan, sakit kepala di pagi hari, merasa lelah sepanjang hari.

Namun, ia menambahkan, gejala tersebut seringkali diabaikan. Atau ada juga penderita berusaha mencoba mengatasi kondisi ini dengan berbagai cara.

“Individu yang memiliki gejala sleep apnea agar  memeriksakan diri apakah ia menderita sleep apnea, karena ini berpotensi untuk memburuk jika tidak ditangani,” saran Rimawati.

 

Source link


Sumber: http://ift.tt/2mQrnN8


Demikianlah Artikel Bangun Tidur Tak Merasa Bugar? Waspadai Gangguan Ini – Republika Online

Sekian Informasi Terbaru dari kami Bangun Tidur Tak Merasa Bugar? Waspadai Gangguan Ini – Republika Online, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan informasi terbaru kali ini.

Anda baru saja membaca artikel Bangun Tidur Tak Merasa Bugar? Waspadai Gangguan Ini – Republika Online dengan url permalinknya adalah http://dikut.blogspot.com/2017/03/bangun-tidur-tak-merasa-bugar-waspadai.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.