Langka, Bayi Lahir Kembar Tiga – Kedaulatan Rakyat

BOYOLALI (KRjogja.com) – Bayi kembar tiga berjenis kelamin laki-laki lahir di RS Hidayah, Kecamatan Mojosongo, Jumat (24/3/2017) pekan lalu, melalui proses persalinan dengan operasi cesar. Saat proses kelahiran, bayi kembar dari pasangan Arianto (25) dan Noviana (26), warga Mojosongo tersebut masing-masing berbobot 2,4 kg, 2,5 kg, dan 1,7 kg.

Sang ibu, Noviana, Minggu (26/3/2017) menuturkan, saat proses kehamilan anak keduanya tersebut, ia mengetahui jika buah hati yang dikandungnya kembar tiga saat memeriksakan kehamilannya ke dokter pada usia kandungan empat bulan. Atas kondisi tersebut, ia pun lebih rajin untuk memeriksakan kesehatannya ke dokter serta betul-betul menjaga kondisi fisiknya. Sebab kehamilan kembar tiga cukup beresiko tinggi.

“Selama proses kehamilan tidak banyak masalah sebab rutin periksa ke dokter,” terangnya.

Dengan bertambahnya tiga anak yang kembar, saat ini pasangan berbahagia tersebut genap mempunyai empat anak yang semuanya berjenis kelamin laki-laki.

Humas RS Hidayah, Agung Susilo mengatakan, kasus kehamilan kembar tiga cukup langka terjadi dan mungkin baru pertama kali ada di Boyolali. Ia memperbandingkan, untuk kembar tiga rasionya 1:9.000 kehamilan, sedangkan kembar dua rasionya 1:900 kehamilan.

“Kembar tiga ini sangat langka,” terangnya.

Proses persalinan, sambungnya, dilakukan dengan dengan operasi cesar yang memakan waktu sekitar 45 menit. Seluruh kondisi bayi sehat dan normal. Namun kondisi kesehatan bayi tetap diobservasi secara seksama, terutama bayi paling bontot yang beratnya saat lahir hanya 1,7 kg saja dan memerlukan nutrisi yang cukup untuk menormalkan berat badannya.

“Namun saat ini kondisi kesehatannya sudah bagus dan aktif,” tandasnya. (R-11)

Source link


Sumber: http://ift.tt/2nSQ8fG