Positif Terjangkit Virus AI, Sisa Unggas Di Lembur Sawah Dimusnahkan – Pikiran Rakyat

Positif Terjangkit Virus AI, Sisa Unggas Di Lembur Sawah Dimusnahkan – Pikiran Rakyat - Hallo sahabat Informasi Terbaru, Pada sharing Info Terbaru kali ini yang berjudul Positif Terjangkit Virus AI, Sisa Unggas Di Lembur Sawah Dimusnahkan – Pikiran Rakyat, saya telah menyiapkan informasi tekini di sekitar anda. Mudah-mudahan isi postingan Infoterbaru yang saya tulis ini menambah wawasan anda. okelah, cekidot informasi terbaru dari kami.

Judul Post : Positif Terjangkit Virus AI, Sisa Unggas Di Lembur Sawah Dimusnahkan – Pikiran Rakyat

lihat juga


Positif Terjangkit Virus AI, Sisa Unggas Di Lembur Sawah Dimusnahkan – Pikiran Rakyat

CIMAHI, (PR).- Petugas Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kota Cimahi melakukan depopulasi sisa unggas hidup pada kasus virus flu burung (Avian Influenza/AI) jenis H5N1 yang menyebabkan ratusan unggas mati mendadak di Kampung Lembur Sawah RT 2 RW 14 Kel. Utama Kec. Cimahi Selatan Kota Cimahi. Hal itu didasari hasil tes Polymerase Chain Reaction (PCR) oleh Balai Pelayanan Veteriner Cikole dinyatakan positif terjangkit virus AI.

Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Cimahi Huzen Rachmadi mengatakan, hasil pemeriksaan klinis oleh unit respon cepat pengendalian hewan menular strategis Puskeswan Cimahi diduga unggas yang mati terkena penyakit.

“Dilakukan rapid tes dan dihasilkan positif virus H5N1. Diambil sampel darah dan dikirim ke Balai Pelayanan Veteriner Cikole, hasilnya juga positif flu burung,” ujarnya.

Pemilik sempat menolak depopulasi. “Pertama kita lakukan depopulasi 30 ekor unggas dengan hasil rapid tes positif AI. Setelah dapat hasil tes PCR juga positif, dilakukan depopulasi sisa unggas yang masih hidup,” ungkapnya.

Pemilik diberi pemahaman karena jika dibiarkan dapat membahayakan nyawa manusia. “Akhirnya bersedia. Maka, sisa unggas yang masih hidup didepopulasi sebanyak 245 ekor sehingga total menjadi 275 ekor,” tuturnya.

Pihaknya memberi ganti rugi sebesar Rp 15.000/ekor atas unggas yang didepopulasi. “Hal itu sudah sesuai aturan,” ucapnya.

Pihaknya menyatakan butuh dukungan masyarakat agar kawasan tersebut benar-benar steril dari virus AI.

“Kami imbau pemilik tidak menjual hewan maupun telur unggas sampai dipastikan steril. Masyarakat juga jangan mengkonsumsi dulu daging dan telur unggas dari lokasi tersebut. Nanti dikaji lagi, kalau sudah betul-betul steril dan baru dilakukan rekomendasi ternak kembali,” pungkasnya.*** 

 

Source link


Sumber: http://ift.tt/2n9GzIS


Demikianlah Artikel Positif Terjangkit Virus AI, Sisa Unggas Di Lembur Sawah Dimusnahkan – Pikiran Rakyat

Sekian Informasi Terbaru dari kami Positif Terjangkit Virus AI, Sisa Unggas Di Lembur Sawah Dimusnahkan – Pikiran Rakyat, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan informasi terbaru kali ini.

Anda baru saja membaca artikel Positif Terjangkit Virus AI, Sisa Unggas Di Lembur Sawah Dimusnahkan – Pikiran Rakyat dengan url permalinknya adalah http://dikut.blogspot.com/2017/03/positif-terjangkit-virus-ai-sisa-unggas.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.