7 Fakta Penyakit Lyme Yang Wajib Diketahui – HerWorld

Penyebab dari penyakit Lyme atau Lyme disease adalah infeksi akibat bakteri Borrelia burgdorferi, dan tergolong penyakit menular yang bisa menyebar melalui gigitan kutu.

Her world akan membantu Anda mengetahui lebih jauh fakta tentang penyakit Lyme agar lebih wasapada dan lebih sigap dalam menangani penyakit ini.

  1. Gejala dari penyakit ini muncul secara bertahap, diawali dengan bintik merah pada bagian yang digigit kutu. Berikutnya, terdapat ruam pada kulit berbentuk cincin dengan bulatan merah di tengah yang menyerupai mata banteng. Munculnya ruam bisa terhadi tiga hari hingga satu bulan setelah gigitan.

  2. Selain bintik dan ruam merah, terdapat gejala lain yang diakibatkan oleh penyakit ini di antaranya pegal-pegal, demam, menggigil, dan mudah lelah.

  3. Jika tidak ditangani secara medis, penyakit Lyme dapat memicu gejala yang lebih serius untuk kedepannya, yaitu gangguan pada sistem saraf, peradangan sendi, inflamasi pada selaput pelindung otak atau meningitis, serta gangguan pada jantung, mata, dan hati.

  4. Penyakit Lyme sulit didiagnosis karena gejala yang cenderung mirip dengan penyakit lain sehingga perlu dikonsultasikan ke dokter. Biasanya, Anda dianjurkan untuk menjalani tes darah untuk memastikan diagnosis.

  5. Pengobatan umum untuk penyakit ini adalah antibiotik sesuai dengan durasi yang dianjurkan oleh dokter agar bakteri dalam tubuh benar-benar musnah.

  6. Untuk mencegah penyakit ini, Anda dianjurkan untuk menghindari tempat-tempat yang mungkin menjadi sumber dari kutu penyebar penyakit Lyme seperti semak belukar dan rerumputan.

  7. Langkah sederhana lain untuk mencegahnya adalah dengan selalu menjaga kebersihan diri, khususnya setelah lama beraktivitas di luar ruangan, mengenakan pakaian tertutup, menggunakan losion anti serangga, dan rajin memeriksa serta merawat hewan peliharaan agar terbebas dari kutu.

 

Source link


Sumber: http://ift.tt/2oIdWis