Cerita Menkes Nila Dimarahi Jokowi Karena Banyak Anak Gizi Buruk – Merdeka.com

Cerita Menkes Nila Dimarahi Jokowi Karena Banyak Anak Gizi Buruk – Merdeka.com - Hallo sahabat Informasi Terbaru, Pada sharing Info Terbaru kali ini yang berjudul Cerita Menkes Nila Dimarahi Jokowi Karena Banyak Anak Gizi Buruk – Merdeka.com, saya telah menyiapkan informasi tekini di sekitar anda. Mudah-mudahan isi postingan Infoterbaru yang saya tulis ini menambah wawasan anda. okelah, cekidot informasi terbaru dari kami.

Judul Post : Cerita Menkes Nila Dimarahi Jokowi Karena Banyak Anak Gizi Buruk – Merdeka.com

lihat juga


Cerita Menkes Nila Dimarahi Jokowi Karena Banyak Anak Gizi Buruk – Merdeka.com

Merdeka.com – Menteri Kesehatan RI, Nila Djuwita F Moeloek mengaku pernah dimarahi oleh Presiden Joko Widodo karena masih banyak anak-anak yang kurus karena kurang gizi. Bahkan Jokowi mempertanyakan alokasi dana di Kementerian Kesehatan.

“Ceritanya saya pernah dimarahi, ditanya uang Kemenkes itu kemana saja. Kenapa anak-anak masih banyak yang kurus-kurus kurang gizi. Duit itu dikemanain,” kata Nila Djuwita F Moeloek di Universitas Hasanuddin, Makassar, Jumat (7/4).

Nila berjanji akan mendistribusikan biskuit buatan Kemenkes ke daerah untuk menunjang gizi anak-anak. Biskuit itu, kata Nila, mengandung protein dan kalori yang tinggi. Cocok juga untuk ibu hamil.

“Biskuit ini kemudian kita bawa ke daerah seperti ke Nias, Aru, Kawang, Menpawai. Pak Jokowi di depan ibu-ibu itu sudah mengerti dan hafal sekali. Dijelaskan, ibu-ibu hingga kehamilan dua bulan makan dua biskuit yah. Di atas tiga bulan hingga kehamilan Sembilan bulan makan tiga biskuit. Tapi terus yah periksa di Posyandu,” jelas Nila.

Kalau berat badannya sudah cukup, jelas Nila, jangan makan biskuit lagi sebab anaknya bisa gede dan susah melahirkan. “Dia juga jelaskan anak-anak sekolah jangan sampai kurang gizi. Harus diberi dua biskuit buat sarapan,” kata Nila.

Kata Nila, soal kesehatan di Indonesia juga terbentur perilaku karena terkait budaya dan tidak mudah mengubah perilaku itu khususnya bagi ibu hamil. Contohnya, masyarakat di Atambua, ibu yang baru melahirkan langsung diasingkan dan tidak bisa menyusui hingga empat bulan. Makanan juga dikurangi supaya roh jahatnya hilang. Di daerah Pekalongan juga. Di daerah itu ibu yang baru melahirkan tidak boleh makan ikan karena katanya nanti bau anyir.

“Bagaimana tidak meninggal kalau begitu. Kita harus perhatikan budaya-budaya seperti itu Jadi saya kira memang masih cukup banyak persoalan kesehatan yang harus kita selesaikan,” ujarnya.

Ditambahkan, menyikapi ragam masalah kesehatan di Indonesia memang buruh terobosan-terobosan baru. Salah satunya melalui program Nusantara Sehat dengan mengirim tenaga kesehatan ke daerah-daerah terpencil. Mereka yang bergabung di program ini adalah kemauan mereka sendiri dan wajib kerja spesialis. Hingga saat ini sudah ada 2.000 orang yang dikirim ke daerah untuk mendukung program ini. [ded]

Source link


Sumber: http://ift.tt/2oJWVsR


Demikianlah Artikel Cerita Menkes Nila Dimarahi Jokowi Karena Banyak Anak Gizi Buruk – Merdeka.com

Sekian Informasi Terbaru dari kami Cerita Menkes Nila Dimarahi Jokowi Karena Banyak Anak Gizi Buruk – Merdeka.com, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan informasi terbaru kali ini.

Anda baru saja membaca artikel Cerita Menkes Nila Dimarahi Jokowi Karena Banyak Anak Gizi Buruk – Merdeka.com dengan url permalinknya adalah http://dikut.blogspot.com/2017/04/cerita-menkes-nila-dimarahi-jokowi.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.