Ilmuwan Klaim Hobbit Ada Di Indonesia – Okezone

JAKARTA – Hobbit merupakan sebuah makhluk rekaan dalam sebuah film dengan judul yang sama. Tokoh Hobbit sendiri, pertama kali diketahui melalui sebuah film berjudul ‘The Lord of The Rings’. Dalam film tersebut, sosok Hobbit digambarkan sebagai makhluk menyerupai manusia namun berukuran kecil.

Kini muncul sebuah penelitian yang diungkapkan oleh Mashable dan dikutip Okezone, Rabu (26/4/2017), yang mengatakan bahwa suku Hobbit berada di Indonesia. Klaim itu sendiri datang dari sebuah jurnal yang dibuat oleh ilmuwan dari Australian National University.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Human Evolution tersebut menjelaskan bahwa makhluk Hobbit dinamakan sebagai jenis Homo Floresiensis. Makhluk kerdil itu ditemukan oleh para ilmuwan pada 2003.

Homo Floresiensis dianggap sebagai mutasi tunggal dari jenis Homo Sapiens. Tinggi dari Hobbit tersebut hanya sepanjang 3,5 kaki atau sekira 1 meter. Untuk menyelesaikan tugas tersebut, para periset mempelajari secara menyeluruh sisa-sisa Florensiensis.

Dalam penelitian lebih lanjut, ilmuwan mampu menghasilkan 133 titik data untuk dibandingkan dengan spesies manusia primitif lain yang diketahui.

Dengan menentukan struktur kerangka manusia Hobbit, diketahui bahwa makhluk tersebut memiliki lebih banyak kesamaan dengan nenek moyang manusia yang paling purba dari Afrika yakni Homo Habilis.

Sayangnya dalam pemaparan tak disebutkan di mana para ilmuwan tersebut menemukan manusia Hobbit. Sebab, beberapa waktu lalu publik Indonesia sempat dihebohkan oleh penampakan Suku Mante yang ada di Aceh. Suku tersebut diketahui memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil serta tinggal di pedalaman hutan di Pulau Sumatera.

Source link


Sumber: http://ift.tt/2ou7ZKP