Masyarakat Dan Ahli Lab Medik Diminta Ikut Perangi Kusta Dan TBC – Detikcom





Surabaya – Seluruh elemen masyarakat perlu ikut memerangi penyakit kusta dan tuberkulosis (TB), termasuk para ahli laboratorium medik yang tergabung dalam Persatuan Ahli Teknologi Laboratorium Medik Indonesia (Palteki) Jawa Timur.

“Ahli teknologi laboratorium medik juga perlu ikut membantu pemerintah dalam menangani penyebaran penyakit kusta dan TB, karena masih banyak penduduk Indonesia, terutama Jawa Timur yang menderita penyakit ini,” kata Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf di sela acara jalan sehat pekan teknologi laboratorium medik di halaman parkir timur Plaza Surabaya, Minggu (23/4/2017).

Ia menerangkan, penderita penyakit kusta di Indonesia adalah terbesar ketiga di dunia setelah India dan Brazil. Sedangkan di Indonesia, provinsi yang terbanyak penderita kusta adalah Jawa Timur. Sedangkan penderita TB, Provinsi Jatim menempati urutan kedua setelah Jawa Barat.

Wagub Jatim yang akrab disapa Gus Ipul ini berharap, 6 ribu orang anggota Patelki yang tersebar di laboratorium maupun rumah sakit di Jawa Timur, ikut membantu memeranginya.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua anggota Patelki, yang mempunyai pekerjaan membantu pemerintah dalam pembangunan kesehatan,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, wagub juga mengajak masyarakat untuk hidup sehat dengan cara berolahraga setiap hari dan tidak perlu dengan mengeluarkan biaya mahal.

“Olahraga tidak perlu mahal. Dengan lari dan jalan sudah menjadikan hidup kita sehat. Mari kita biasakan membiasakan diri hidup sehat,” tandasnya.

(iwd/iwd)

Source link


Sumber: http://ift.tt/2p8JvWI