Menakjubkan, ASI Bisa Bantu Deteksi Dini Kanker Payudara – Suara.com

Suara.com – Sebuah studi mengatakan protein dalam ASI dapat membantu deteksi dini kanker payudara dan bahkan memprediksi jika seorang perempuan berisiko terhadap penyakit mematikan tersebut.

Deteksi objektif tahap awal kanker payudara pada perempuan muda sangat menantang, sebab teknik mamografi dan pencitraan kurang efektif. Ini dikarenakan perempuan muda memiliki jaringan payudara yang padat.

Salah satu pilihan potensial untuk deteksi BC adalah pemantauan biokimia terhadap protein pada berbagai jenis cairan tubuh seperti serum, cairan aspirasi puting susu dan cairan lavage duktal, air mata, air kencing, air liur dan air susu ibu.

Periset, termasuk yang berasal dari Universitas Massachusetts Amherst di AS, menyelidiki biokimia kanker payudara yang terdeteksi dalam ASI. Mereka membandingkan sampel ASI dari perempuan dengan kanker payudara, perempuan tanpa kanker payudara dan perempuan yang kemudian didiagnosis menderita kanker payudara.

Tim kemudian mengidentifikasi perubahan ekspresi protein pada ASI ketika seorang perempuan memiliki atau akan segera memiliki kanker payudara.

ASI menyediakan akses ke jaringan payudara dalam bentuk sel epitel terkelupas yang merupakan asal mula kebanyakan jenis kanker payudara, kata periset. Analisis ASI adalah metode non-invasif yang bisa digunakan untuk diagnosis kanker.

Setelah validasi lebih lanjut, metode ini dapat menawarkan pendekatan non-invasif baru untuk skrining kanker payudara bagi perempuan pada tahun-tahun awal mereka melahirkan. (Zeenews)

Source link


Sumber: http://ift.tt/2p7Fv6L