Menasehati Orang Yang Sedang Depresi, Bolehkah? – Warta Kota

Menasehati Orang Yang Sedang Depresi, Bolehkah? – Warta Kota - Hallo sahabat Informasi Terbaru, Pada sharing Info Terbaru kali ini yang berjudul Menasehati Orang Yang Sedang Depresi, Bolehkah? – Warta Kota, saya telah menyiapkan informasi tekini di sekitar anda. Mudah-mudahan isi postingan Infoterbaru yang saya tulis ini menambah wawasan anda. okelah, cekidot informasi terbaru dari kami.

Judul Post : Menasehati Orang Yang Sedang Depresi, Bolehkah? – Warta Kota

lihat juga


Menasehati Orang Yang Sedang Depresi, Bolehkah? – Warta Kota

WARTA KOTA, PALMERAH – Dokter spesialis kesehatan jiwa, dr Diah Utami SpKj, menyatakan beberapa hal tentang orang yang terlanda depresi.

“Seringkali orang terlanda depresi diberi stigma orang yang tidak dekat dekat dengan Tuhan, kurang iman, tidak sabar terhadap cobaan Tuhan, diguna-guna, atau didekati makhluk halus.

Padahal, kata Diah Utami, keadaan depresi pada seseorang adalah suatu penyakit yang bisa dialami siapa saja pada usia berapa saja.

“Seseorang yang sedang mengalami depresi hanya perlu bercerita mengungkapkan yang dirasakannya dan didengarkan dengan baik oleh orang-orang terdekatnya,” kata Diah Utami.

Baca: Perempuan Cantik yang Depresi Sudah Dijemput Keluarga

Utami menjelaskan, masyarakat bisa membantu orang-orang yang terlanda depresi dengan mendengarkan mereka berbicara, dan membuka wawasan mereka bahwa di sekitar mereka ada harapan dan banyak orang yang ingin membantu mereka

“Seringkali mereka tahu ada yang terjadi dalam dirinya, namun seringkali merasa takut salah menyatakan perasaan. Terkadang mereka sudah bicara tapi tidak didengarkan, malah dinasehati, atau disalahkan. Itu justru memperparah keadaan,” kata Diah Utami, di Jakarta, Kamis (6/4/2017).

Wakil ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Indonesia itu menekankan, seseorang harus benar-benar menjadi pendengar bagi orang yang depresi dengan memberikan perhatian lebih ketika orang tersebut sedang bercerita.

Depresi bisa terjadi pada tiap tahapan dalam hidup.

Yang paling umum terjadi ialah depresi setelah melahirkan dan depresi pada usia senja.

Kehadiran pendengar

Sementara ahli psikologi dari Himpunan Psikolog Indonesia, Pelita Sinaga, menekankan kepentingan kehadiran seorang pendengar bagi orang yang mengalami depresi.

“Terkadang orang depresi sudah bicara, tapi tidak didengarkan. Mereka butuh perhatian yang lebih,” kata Pelita Sinaga.

Namun, bukan sembarang mendengarkan melainkan disertai bahas tubuh yang selaras dengan empati.

Seorang pendengar benar-benar fokus mendengarkan dengan memberikan dukungan seperti gestur anggukan kepala, atau bahkan sentuhan secara fisik. (Antara)

Source link


Sumber: http://ift.tt/2o2ASu9


Demikianlah Artikel Menasehati Orang Yang Sedang Depresi, Bolehkah? – Warta Kota

Sekian Informasi Terbaru dari kami Menasehati Orang Yang Sedang Depresi, Bolehkah? – Warta Kota, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan informasi terbaru kali ini.

Anda baru saja membaca artikel Menasehati Orang Yang Sedang Depresi, Bolehkah? – Warta Kota dengan url permalinknya adalah http://dikut.blogspot.com/2017/04/menasehati-orang-yang-sedang-depresi.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.