Menkes Nila: Sudah 2 Juta Masyarakat Yang Mau Diperiksa IVA – Okezone

Menkes Nila: Sudah 2 Juta Masyarakat Yang Mau Diperiksa IVA – Okezone - Hallo sahabat Informasi Terbaru, Pada sharing Info Terbaru kali ini yang berjudul Menkes Nila: Sudah 2 Juta Masyarakat Yang Mau Diperiksa IVA – Okezone, saya telah menyiapkan informasi tekini di sekitar anda. Mudah-mudahan isi postingan Infoterbaru yang saya tulis ini menambah wawasan anda. okelah, cekidot informasi terbaru dari kami.

Judul Post : Menkes Nila: Sudah 2 Juta Masyarakat Yang Mau Diperiksa IVA – Okezone

lihat juga


Menkes Nila: Sudah 2 Juta Masyarakat Yang Mau Diperiksa IVA – Okezone

SALAH satu mencegah terjadinya kanker serviks adalah dengan melakukan skrining. Kanker yang diketahui sejak dini, tentu dapat ditangani dan diobati lebih awal.

Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek mengingatkan kepada para wanita yang sudah menikah pentingnya melakukan tes IVA. Namun sebelumnya, deteksi dini dengan metode ini tidak begitu diminati.

Menurut data dari Kementerian Kesehatan, pada 2007-2014 hanya kurang dari 1 juta wanita, hanya sekira 900 ribu. Namun, pada tahun-tahun berikutnya kesadaran dan kemauan wanita semakin meningkat.

“Setelah 2014, perlahan meningkat 400 ribu satu tahun. Kemudian satu tahun kemudian meningkat 1,5 juta. Sekarang sudah 2 juta masyarakat yang sudah mau diperiksa IVA,” jelas Menkes Nila di Gedung Kementerian Kesehatan RI, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (17/4/2017).

Selain menjalankan aktivitas fisik dan pola hidup sehat, kanker serviks bisa dideteksi dengan cara yang mudah dan murah, yaitu dengan IVA. Bahkan, bagi para pemegang kartu BPJS, tes IVA bisa dilakukan dengan gratis di puskesmas.

“Untuk kanker serviks bisa diskrining dengan tes IVA yang bisa dipakai dengan asam asetat,” ujar Menkes Nila.

Ia menggambarkan sedikit prosesnya, dengan lendir Miss V diperiksa dengan asam asetat. Ketika diperiksa terdapat bercak putih, ini menandakan terjadinya pralesi atau sebelum kanker terjadi. Namun, ibu tidak perlu cemas karena masih dapat ditangani

“Jadi sebelum kanker kita bisa tahu, ada pralesi. Nanti bisa kita krio (krioterapi) dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” pungkas Menkes Nila.

Source link


Sumber: http://ift.tt/2oOqRTD


Demikianlah Artikel Menkes Nila: Sudah 2 Juta Masyarakat Yang Mau Diperiksa IVA – Okezone

Sekian Informasi Terbaru dari kami Menkes Nila: Sudah 2 Juta Masyarakat Yang Mau Diperiksa IVA – Okezone, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan informasi terbaru kali ini.

Anda baru saja membaca artikel Menkes Nila: Sudah 2 Juta Masyarakat Yang Mau Diperiksa IVA – Okezone dengan url permalinknya adalah http://dikut.blogspot.com/2017/04/menkes-nila-sudah-2-juta-masyarakat.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.