Mobil Honda Sangat Kuat Di 4 Segmen Ini – KOMPAS.com

Jakarta, KompasOtomotif – Honda menempatkan empat mobilnya untuk menguasai segmen masing-masing pada kuartal pertama 2017. Keempat produk itu adalah All New Civic yang mendominasi 77 persen pasar small sedan, New Brio RS di city car, All New Jazz untuk pasar Hatchback, dan HR-V 1.5L di ranah low SUV.

Dari data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) per Maret 2017, Civic menjadi market leader dengan penjualan total 826 unit. Sementara Brio RS terjual 2.210 unit, menguasai pasar di segmennya 51 persen.

Dari segmen hatchback, Jazz turut menjadi market leader dengan penjualan total kuartal pertama 2017 5.229 unit, dengan market share 55 persen. Sedangkan HR-V 1.5L memimpin segmen LSUV dengan penjualan 11.857 unit, menguasai jatah kue 40 persen.

Empat segmen ini boleh dibilang tak tergoyahkan oleh pesaing terdekat, All New Toyota Altis. Civic yang meluncur tahun lalu seakan melaju sendirian. Sementara Brio RS berhasil keluar sebagai pemenang di tengah keroyokan model city car dari merek-merek kompetitor macam Nissan March, Daihatsu Sirion, Mitsubishi Mirage, sampai Toyota Etios.

Stanly/KompasOtomotif Honda HR-V

Jazz mungkin yang paling ketat, dikuntit oleh Toyota Yaris yang berhasil mengambil jatah 41 persen di pasar hatcback. Sedangkan HR-V 1.5L masih belum goyah, menyingkirkan duet Rush-Terios. Bahkan saudaranya, BR-V tak cukup mampu mengejar.

Hingga Maret 2017, secara keseluruhan Honda membukukan penjualan total 53.018 unit dengan market share 18,6 persen. Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan bahwa empat produk pemimpin pasar itu memang sudah menjadi produk unggulan.

”Kami berharap tren penjualan positif ini dapat berlanjut ke bulan berikutnya dan memberikan kontribusi besar dalam peningkatan penjualan Honda di Indonesia,” kata Jonfis dalam siaran resmi (13/4/2017).

Source link


Sumber: http://ift.tt/2p65qOX