Salip Oppo, Huawei Vendor Smartphone Nomor Satu Di China – KOMPAS.com

KOMPAS.com – Huawei sekali lagi menjadi penguasa pasar smartphone terbesar di dunia, yakni China dengan mencatat penjualan tertinggi.

Pada kuartal pertama 2017, menurut firma riset pasar Canalys, angka pengapalan smartphone Huawei di di Negeri Tirai Bambu mencapai 21 juta unit. Huawei pun menduduki posisi teratas dengan pangsa pasar 18 persen.

Sementara, Oppo yang selama dua kuartal sebelumnya memegang predikat pabrikan smartphone terbesar di China harus lengser ke urutan kedua dengan pengapalan 20 juta unit.

Sebelumnya, Oppo berada di puncak pasaran smartphone China selama dua kuartal berturut-turut setelah menggeser Huawei.Urutan ketiga ditempati Vivo dengan angka pengapalan 17 juta unit.

Tiga vendor teratas, yakni Huawei, Oppo, dan Vivo, menguasai lebih dari 50 persen keseluruhan pasar smartphone di China.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Rabu (26/4/2017), periset Canalys Lucio Chen mengatakan hal ini merupakan indikasi bahwa pasaran China mengalami konsolidasi.

“Pasaran smartphone China terus tumbuh. Penngapalan di kuartal ini meningkat 9 persen secara year over year,” tulis Chen dalam laporan Canalys.

Urutan keempat dikuasai Apple sementara Xiaomi hanya masuk di lima besar dengan catatan pengapalan smartphone sebesar 9 juta unit. Canalys menyebutkan Xiaomi menghadapi persaingan ketat dengan brand Honor besutan Huawei, serta smartphone-smartphone Oppo dan Vivo.

“Untuk tumbuh tahun ini, Xiaomi harus cepat berubah dari vendor value-for-money menjadi brand yang aspirasional,” pungkas Chen.

Baca: Oppo, Huawei, dan Vivo Pepet Samsung di Asia Tenggara

Source link


Sumber: http://ift.tt/2q4UT6U