Delapan Warga Banjarnegara Diduga Keracunan Masih Dirawat – Merdeka.com

Merdeka.com – Delapan dari 14 warga desa Masaran, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara yang diduga mengalami keracunan masih mendapat perawatan intensif di RSUD Banjarnegara. Sedang enam lainnya sudah diperbolehkan pulang sejak Jumat (5/5) pukul 23.00 WIB. Meski diperbolehkan pulang, mereka masih harus menjalani rawat jalan.

Kepala Ruang Dahlia RSUD Banjarnegara, Samirin, menjelaskan kondisi para pasien sudah lebih baik dari sebelumnya. Pihaknya juga telah mengambil sampel urine dan feses dari para pasien. “Sampel itu nantinya diuji di laboratorium untuk memastikan penyebab sakit yang dialami pasien,” katanya, Sabtu (6/5).

Terpisah, Camat Bawang Tri Wibowo akan melakukan koordinasi agar para pasien bisa diupayakan bisa mendapat pengobatan gratis dari pemerintah. Sebab, delapan orang yang masih harus menjalani rawat inap hanya tiga yang mengantongi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). “Ini kan musibah, jadi kami upayakan agar mereka dibebaskan biaya,” katanya.

Dinas Kesehatan Banjarnegara sendiri dikabarkan telah mengambil sampel makanan yang dimakan para pasien saat mereka menggelar tahlil di rumah salah seorang warga. Sampel makanan itu akan diuji laboratorium untuk mengetahui kandungan bakteri di dalamnya. [noe]

Source link


Sumber: http://ift.tt/2phUn0D