Hanya 10 Menit Meditasi, Konsentrasi Meningkat Sehari Penuh – CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia
Banyak yang menyebutkan jika meditasi membantu orang bersemangat bekerja di kantor. Manfaat meditasi lainnya juga dapat menghilangkan rasa nyeri atau ngilu badan, memperlambat proses penuaan dan memperbaiki kualitas hubungan seks.

Seperti yang dilansir Well and Good, ada kabar baik bagi penggemar meditasi. Tim peneliti di Universitas Waterloo, Kanada, mendapatkan jika secara konsisten bermeditasi 10 menit saja, hasilnya akan sangat signifikan.

Melatih tubuh untuk tak bergerak dalam posisi duduk dan latihan bernapas dalam-dalam dapat membantu orang berkonsentrasi lebih baik selama seharian.

Walau bermeditasi ini bisa dilakukan dalam waktu yang lebih lama lagi, terutama saat sedang berlatih dalam sebuah grup, para peneliti mengatakan jika sedikit ketenangan pikiran dapat memperbaiki kemampuan fokus seseorang.

Para partisipan dalam penelitian ini diminta untuk mengurangi kebiasaan memikirkan pekerjaan secara berulang-ulang yang dianggap sebagai penanda orang mengalami gangguan kecemasan.

“Latihan meditasi tampaknya membantu mengalihkan kecemasan orang yang ada dalam pikiran mereka menjadi memfokuskan pada apa yang terjadi sekarang,” ungkap peneliti Mengran Xu, kandidat PhD di Waterloo.

Penemuan ini dianggap sangat bermanfaat, mengingat orang sering kali membiarkan pikiran alam sadarnya berkelana menguasai kesadarannya.

“Tidakkah akan menarik melihat pengaruhnya jika meditasi diterapkan dan dilatih pada populasi yang sekarang ini kerap dilanda kecemasan. Sepuluh menit untuk mendapatkan fungsi kognitif yang lebih baik,” tambah Xu. (SYS)

Source link


Sumber: http://ift.tt/2qKms27