Ibu Kurang Gizi Saat Hamil Sebabkan Anak Hipertensi Dan Kurang Cerdas

Ibu Kurang Gizi Saat Hamil Sebabkan Anak Hipertensi Dan Kurang Cerdas - Hallo sahabat Informasi Terbaru, Pada sharing Info Terbaru kali ini yang berjudul Ibu Kurang Gizi Saat Hamil Sebabkan Anak Hipertensi Dan Kurang Cerdas, saya telah menyiapkan informasi tekini di sekitar anda. Mudah-mudahan isi postingan Infoterbaru yang saya tulis ini menambah wawasan anda. okelah, cekidot informasi terbaru dari kami.

Judul Post : Ibu Kurang Gizi Saat Hamil Sebabkan Anak Hipertensi Dan Kurang Cerdas

lihat juga


Ibu Kurang Gizi Saat Hamil Sebabkan Anak Hipertensi Dan Kurang Cerdas

Asupan nutrisi penting sejak dalam kandungan. Sejak dini orang dapat berisiko terkena berbagai penyakit degeneratif di usia dewasa.
Nutrition quotient sangat diperlukan untuk hidup sehat. Nutrition quotient bisa diartikan sebagai pengetahuan gizi yang tidak hanya diketahui seseorang saja, akan tetapi juga bagaimana menerapkan pengetahuan tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013 mencatat masalah kekurangan gizi setidaknya melanda sebanyak 19,6 persen populasi anak Indonesia. Akibatnya ada sekitar 37 persen anak yang terhambat pertumbuhannya (stunting) dan terkena kondisi lain seperti anemia, penurunan IQ, hingga retardasi mental.
“You are what you eat”, kalimat ini tentu menggambarkan apa yang terjadi pada diri kita tergantung dari apa yang kita konsumsi dan ibu kita konsumsi saat mengandung.
Ibu Kurang Gizi Saat Hamil Sebabkan Anak Hipertensi dan Kurang CerdasFoto: iStock
Early life nutrition juga bisa dikatakan sebagai sebuah strategi pemenuhan gizi yang tepat dan seimbang di awal kehidupan. Terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan untuk mendukung pertumbuhan dan kesehatannya saat ini dan mendatang.
“Jika asupan makanannya tidak baik, maka akan terjadi masalah early life nutrition. Masalah kesehatan ini timbul akibat saat ibu mengandung asupan makannnya kurang,” tutur Dr. dr. Fiastuti Witjaksono, MS, MSc, SpGK (K), selaku spesialis gizi dalam acara Diskusi Gizi bersama NestlĂ© di D’Lab by SMDV, Menteng (08/05).

Fiastuti mencontohkan, hipertensi bisa terjadi karena ibu kurang mengonsumsi satu jenis asam amino sehingga pembuluh darah menjadi kaku. Akibatnya, seseorang bisa menderita hipertensi dan tidak, itu dipengaruhi dari apa yang dimakan oleh ibu sewaktu hamil.
Ibu Kurang Gizi Saat Hamil Sebabkan Anak Hipertensi dan Kurang CerdasFoto: Nestle
Fakta mengenai masalah gizi tidak hanya kurus, akan tetapi pendek dan juga obesitas. “Stunting saat balita dapat berakibat pada kognitif dan performa sekolah bahkan ekonomi yang lebih buruk. Sedangkan anak yang alami obesitas bisa berisiko terkena sindrom metabolik saat dewasa seperti hipertensi, diabetes tipe 2 serta gangguan metabolik,” jelas Fiastuti.

Kekurangan zat gizi mikro seperti zat besi, vitamin A dan vitamin D juga bisa berpengaruh terhadap kesehatan. Kekurangan zat besi dapat berpengaruh negatif terhadap kemampuan belajar dan produktivitas baik disekolah maupun di tempat kerja. Sedangkan kekurangan vitamin A dapat menyebabkan gangguan pada mata, daya tahan tubuh dan pertumbuhan. Serta kekurangan vitamin D dapat menyebabkan gangguan pada tulang.
Karenanya para ibu perlu mengasup makanan yang bergizi seimbang saat hamil. Sehingga dapat menghasilkan anak-anak yang cerdas dan berkualitas.
(odi/lus)
Source link


Demikianlah Artikel Ibu Kurang Gizi Saat Hamil Sebabkan Anak Hipertensi Dan Kurang Cerdas

Sekian Informasi Terbaru dari kami Ibu Kurang Gizi Saat Hamil Sebabkan Anak Hipertensi Dan Kurang Cerdas, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan informasi terbaru kali ini.

Anda baru saja membaca artikel Ibu Kurang Gizi Saat Hamil Sebabkan Anak Hipertensi Dan Kurang Cerdas dengan url permalinknya adalah http://dikut.blogspot.com/2017/05/ibu-kurang-gizi-saat-hamil-sebabkan.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.